Ilustrasi operasi pasar bawang putih. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
Ilustrasi operasi pasar bawang putih. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq (Pythag Kurniati)

Harga Bawang Putih di Solo Mulai Turun

harga bawang
Pythag Kurniati • 07 Mei 2019 16:28
Solo: Harga bawang putih di Solo masih berada di atas harga normal hari kedua Ramadan. Namun, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Solo menemukan harga di pasar sudah mulai turun hingga 20 persen dari sebelumnya.
 
Pedagang bahan pokok, Samini, mengatakan bawang putih di kiosnya turun dari harga Rp70 ribu menjadi Rp55 ribu per kilogram. "Menjelang puasa sempat Rp 60 ribu, sekarang turun lagi," katanya, Selasa, 7 Mei 2019.
 
Masih ada beberapa pedagang yang menjual dengan harga mencapai Rp 70 ribu per kilogram. Seperti di kios Lastri, harga bawang putih yang sempat menyentuh Rp90 ribu kini menjadi Rp70 ribu per kilogram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memang stoknya susah dapat. Makanya harganya turun naik terus," kata Lastri.
 
Anggota TPID dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo Bakti Artanta menyebutharga bawang putih secara umum turun. "Memang beberapa pedagang masih mahal karena itu stok lama," katanya usai sidak.
 
Kepala Dinas Perdagangan Solo Subagiyo mengatakan peningkatan harga terjadi akibat banyaknya permintaan. Sedangkan stok yang ada semakin menipis.
 
"Karena banyak yang beli jadi meningkat," ujarnya.
 
Ia mengingatkan agar masyarakat membeli bawang sesuai kebutuhan. Selain itu, terdapat beberapa pilihan bawang yang dapat dibeli.
 
"Ada jenis bawang yang lebih murah, rasanya juga sama. Sebenarnya disesuaikan saja," kata dia.
 
Harga komoditas lain terpantau naik. Misalnya, cabai merah besar naik dari Rp23 ribu per kilogram menjadi Rp 28 ribu per kilogram dan cabai rawit dari Rp 22 ribu menjadi Rp27 ribu per kilogram.
 
Sementara harga beberapa komoditas masih stabil seperti ayam potong yang tetap berada di angka Rp32 ribu. "Ayam ini kemungkinan tidak turun sampai setelah lebaran, mungkin bisa naik sampai Rp35 ribu," kata pedagang ayam, Warti.
 

 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif