Kiriman paket barang di Kantor Pos Jepara. Medcom.id/Rhobi Shani
Kiriman paket barang di Kantor Pos Jepara. Medcom.id/Rhobi Shani (Rhobi Shani)

Kiriman Paket Meningkat 50 Persen Jelang Lebaran

logistik
Rhobi Shani • 27 Mei 2019 13:49
Jepara: Jumlah kiriman paket di Kantor Pos Jepara, Jawa Tengah, meningkat hingga 50 persen jelang lebaran. Jumlah kiriman yang hanya 200 kantong besar per hari naik menjadi 300 kantong besar per hari.
 
“Total khusus bulan Mei, jumlah kiriman mencapai 6.000 kantong besar yang out going (keluar). Kalau untuk per item cukup sulit ya, karena per kantong itu berbeda-beda jumlahnya,” ungkap Kepala Kantor Pos Jepara Rio Ananda, Senin, 27 Mei 2019.
 
Kiriman paket dari Bumi Kartini tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Khusus kiriman di wilayah Jawa Tengah terjadi peningkatan.
 
Melonjaknya pengiriman paket didominasi pelaku usaha daring (online) yang mengirim barangnya via pos. Dalam sehari ada 200 item barang dari penjual daring lokal yang mengirimkan paket via pos.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagian besar produk-produk yang berkaitan dengan lebaran, seperti hijab ataupun pakaian.
 
“Penjual daring lokal dari Jepara ke Kalinyamatan misalnya, banyak yang mempos barangnya. Alasannya, selain praktis kemudian satu hari bisa sampai, juga tarifnya murah sekitar Rp7.000,” kata Rio.
 
Kenaikan juga terjadi pada kiriman uang dari luar negeri. Bila biasanya ada 50 transaksi Western Union yang masuk dari luar negeri ke Jepara, kini menjadi 60 transaksi per hari.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif