Ilustrasi. MI/Ramdani
Ilustrasi. MI/Ramdani (Patricia Vicka)

Transportasi dan Bawang Merah Picu Inflansi DIY Juni 2019

inflasi deflasi
Patricia Vicka • 06 Juli 2019 11:18
Yogyakarta: Tingkat Inflansi wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama pekan liburan Lebaran 2019 tercatat sebesar 0,25 persen.  Naiknya penggunaan transportasi darat maupun udara untuk kegiatan mudik Lebaran menjadi salah satu pemicu utama inflansi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month-to-month).
 
"Lonjakan permintaan pada moda transportasi angkutan udara (5,73 persen dari bulan sebelumnya), angkutan antar kota (9,66 persen dari bulan sebelumnya) dan kereta api (9,34 persen dari bulan sebelumnya) untuk keperluan mudik mendorong adanya peningkatan harga," kata Hilman, Sabtu, 6 Juli 2019.
 
Lonjakan tarif transportasi diperkirakan bersifat sementara dan kembali stabil di Juli 2019. Selain transportasi, cabai merah turut mengalami lonjakan harga mencapai 39,26 persen dari bulan sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peningkatan harga cabai dipengaruhi kekeringan yang melanda di beberapa sentra produksi. Di sisi lain permintaan masih cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan perayaan Idulfitri.
 
Tingkat inflansi selama Juni 2019 tercatat lebih rendah dibandingkan inflansi bulan Mei 2019 yang sebesar 0,42 persen. Rendahnya inflasi Juni karena adanya penurunan dari beberapa kelompok pangan bergejolak (volatile food).
 
"Selama Juni 2019, deflasi sebesar 0,28 persen. Jauh lebih rendah dibandingkan dengan periode Mei 2019 sebesar 0,89 persen,"tuturnya.
 
Salah satu komoditas pangan yang mengalami penurunan ialah bawang putih yang turun 21,79 persen dari bulan sebelumnya karena masuknya produk impor. "Realisasi impor bawang putih sebanyak 69.507 ton hingga Mei 2019 efektif menambah jumlah pasokan di pasar, sehingga harga mengalami deflasi,"kata Hilman.
 
Daging ayam ras juga turut menyumbang deflasi sebesar 3,04 persen dari bulan sebelumnya akibat produksi yang tinggi. Tim Pengendali Inflansi Daerah turut gencar melakukan pengendalian harga dan menjaga kecukupan pasokan pangan jelang dan selama pekan lebaran. Hal ini dianggap efektif dalam menekan lonjakan harga pada saat momen hari besar keagamaan nasional.
 
Laju inflasi tahun 2019 mencapai sebesar 1,74% hingga saat ini dengan inflasi tahunan sebesar 3,11 persen ketimbang tahun sebelumnya (year-on-year).
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif