Gubernur Ganjar Pranowo meninjau ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Pasar Rejowinangun, Kota Magelang. Foto: Humas Gubernur Jateng
Gubernur Ganjar Pranowo meninjau ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Pasar Rejowinangun, Kota Magelang. Foto: Humas Gubernur Jateng (Mustholih)

Harga Gula dan Bawang di Jateng Turun

pangan harga bawang merah
Mustholih • 23 Mei 2019 16:22
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok jelang Idulfitri 2019. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bahkan menyebut harga beberapa komoditas pangan turun.
 
"Harga semua stabil khususnya bawang putih. Mungkin impor sudah masuk ke pasar-pasar, sehingga harganya stabil. Untuk kebutuhan lain seperti beras, gula juga stabil," kata Ganjar saat mengunjungi Pasar Rejowinangun Magelang, Jawa Tengah, Kamis, 23 Mei 2019.
 
Frisko Istanto, 37, pedagang sembako di Pasar Rejowinangun mengaku pada Ganjar, harga beras Rp8.000-Rp11.000 per kilogram. Bahkan, harga gula pasir saat ini turun menjadi Rp12.500 dari Rp13.000 per kilogram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bawang putih yang sempat meroket menjadi Rp60 ribu per kilogram turun menjadi Rp30 ribu per kilogram. Bawang merah yang juga sebelumnya mencapai Rp40 ribu turun menjadi Rp22 ribu per kilogram.
 
"Pasokan barang juga lancar, kami tidak kesulitan untuk kulakan," ungkapnya.
 
Harga daging di Magelang pun juga masih stabil. Daging sapi segar per kilogram diberi harga Rp110 ribu. Padahal, menjelang lebaran tahun lalu, harga daging sapi bisa mencapai Rp140 ribu per kilogram.
 
"Ini tidak naik, stabil harganya. Dibanding tahun lalu beda jauh," kata Supriyati, pedagang daging.
 
Ganjar berjanji akan menjamin kelancaran suplai bahan kebutuhan pokok. Dia sudah meminta TPID untuk terus berkeliling mengecek harga-harga dan pasokan. "Bupati/Wali Kota juga kami perintahkan untuk mengawasi daerahnya masing-masing," ujar Ganjar.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif