Operasi pasar bertajuk 'Pasar Mirunggan Bawang' Medcom.id/Pythag Kurniati
Operasi pasar bertajuk 'Pasar Mirunggan Bawang' Medcom.id/Pythag Kurniati (Pythag Kurniati)

Solo Gelar Operasi Pasar Bawang Enam Hari

harga bawang merah bawang
Pythag Kurniati • 07 April 2019 15:36
Solo: Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar operasi pasar bawang di Kota Solo. Operasi pasar bertajuk 'Pasar Mirunggan Bawang' ini dilakukan menyusul lonjakan harga bawang merah dan bawang putih.
 
Wakil Ketua TPID Solo Bandoe Widiarto menjelaskan, operasi pasar bawang 'Pasar Mirunggan Bawang' dilaksanakan selama enam hari. "Mulai tanggal 7 hingga 12 April 2019," ujar dia.
 
Sebanyak 600 kilogram bawang telah disiapkan pada hari pertama dimulainya operasi pasar. Bawang-bawang tersebut dijual dibawah harga pasaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah ini ditempuh sebagai wujud kehadiran pemerintah menyikapi kenaikan harga bawang merah dan bawang putih. "Kami juga bekerja sama dengan Perumda Pedaringan, Bulog dan distributor bawang," ujarnya.
 
Dia mengimbau kepada masyarakat agar bijak dalam membeli kebutuhan pokok. "Tidak usah berlebihan, beli sesuai kemampuan, kan bawang itu ada beberapa jenis," kata Bandoe.
 
Harga bawang merah dan putih di pasar-pasar tradisional Kota Solo merangkak naik. Menurut salah seorang penjual bawang di Pasar Gede Solo, Warni harga bawang naik sejak bulan Februari 2019.
 
"Harga naik Rp7 ribu lebih untuk bawang putih sejak Februari. Berangsur-angsur," ungkapnya, Minggu, 7 April 2019.
 
Harga komoditas bawang putih naik dari Rp34 ribu per kilogram menjadi Rp41 ribu per kilogram. Sedangkan komoditas bawang merah mengalani kenaikan dari Rp23 ribu per kilogram menjadi Rp26 ribu per kilogram.
 
Pasar murah ini telah dibuka hari ini di Jalan Slamet Riyadi saat car free day. Pasar Mirunggan Bawang pada 8-12 April akan dibuka di dua lokasi, yaitu Pasar Gede pukul 07.00-11.00 WIB dan Pasar Nusukan pukul 09.00-12.00 WIB.
 

 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif