"Meski masing-masing punya pangsa pasar sendiri, sinergi tetap penting. Jangan sampai satu negara saling mematikan," kata John kepada Metrotvnews.com, di Yogyakarta, Selasa (12/5/2015).
Ia menyatakan, di Yogyakarta, sinergi antarpara pengusaha tidak terlihat. Menurutnya, ajang MEA yang menjadi pesaing adalah negara lain, semestinya membuat pengusaha merapatkan kerja sama untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dalam negeri kepada produsen sendiri.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
"Kampanye kesadaran konsumen harus dilakukan. Produsen tidak boleh pasif," ujar dia.
John juga meminta pengusaha juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan produk untuk meraih banyak konsumen. Terlebih, Indonesia menjadi salah satu negara di ASEAN yang memiliki jumlah penduduk yang besar.
Seperti diketahui pasar MEA akan berlakukan akhir 2015 ini. Ajang tersebut menjadi kran persaingan pasar bebas di ASEAN yang mesti dipersiapkan berbagai lapisan masyarakat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
(AHL)