Stok Beras di Tegal Aman di Akhir Tahun
Pedagang beras di Pasar Induk Beras Martoloyo, Kota Tegal, Jawa Tengah, Medcom.id - Kuntoro
Tegal: Kebutuhan bahan pokok diprediksi akan mengalami peningkatan menjelang hari-hari besar akhir tahun 2018. Meski demikian, Satgas Pangan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, memastikan ketersediaan sejumlah bahan pokok aman sampai tahun depan di wilayahnya.

“Khusus untuk beras, akan cukup untuk lima bulan ke depan atau April 2019. Bulog Sub Drive Pekalongan memiliki ketersedian yakni sebanyak 39.000 ton beras untuk se-Karesidenan Pekalongan,” kata Kasatreskrim Polres Tegal, AKP Bambang Purnomo, Sabtu, 24 Nopember 2018.

Dari total itu, 10.300 ton beras di antaranya untuk mencakup wilayah Kabupaten Tegal. Stok beras itu, kata dia, dipergunakan untuk komersil bagi masyarakat luas dengan harga normal.


Selain itu, ada juga 3.750 ton gula, 7.200 liter minyak goreng, dan 26 ton bawang merah dipersiapkan untuk wilayah se-Karesidenan Pekalongan meliputi, Kabupaten Batang, Pekalongan, Tegal, Pemalan, Brebes, Kota Pekalongan, dan Tegal.

Sejumlah kebutuhan pokok tersebut dipersiapkan untuk pasar murah bulog. Jadi, akan dijual oleh pihak Bulog nanti saat harga mulai naik. Dia mengaku bahwa harga sejumlah kebutuhan pokok menjelang akhir tahun nanti akan naik.

“Meski begitu, saya pastikan kenaikan harga sejumlah bahan pokok tidak akan melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk wilayah Kabupaten Tegal,” ungkapnya.

Jika ada pedagang yang nakal, Bambang akan lakukan tindakan preventif dulu. Kalau sudah tidak bisa,‎ baru ia akan lakukan penindakan tegas. Langkah akhir adalah penegakan hukum.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id