Peta pengalihan arus lalu lintas saat Solo Car Free Night. Foto: Istimewa.
Peta pengalihan arus lalu lintas saat Solo Car Free Night. Foto: Istimewa. (Pythag Kurniati)

Rekayasa Lalu Lintas saat Pergantian Tahun di Solo

perayaan tahun baru
Pythag Kurniati • 28 Desember 2018 18:43
Solo: Pemerintah Kota Surakarta menggelar malam bebas kendaraan bermotor (Solo Car Free Night) pada pergantian tahun 2018-2019. Dinas Perhubungan Kota Surakarta pun memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas saat malam pergantian tahun.
 
Pada saat Solo Car Free Night, sepanjang Jalan Slamet Riyadi ditutup. Sehingga berimbas pada lalu lintas di jalan lain di sekitarnya.
 
Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Ari Wibowo mengatakan, jalan layang Manahan akan diberlakukan satu arah. Manahan hanya bisa dilalui kendaraan dari selatan ke utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dibuat searah agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di wilayah Gendengan," kata Ari saat dikonfirmasi, Jumat, 28 Desember 2018.
 
Ari menambahkan, jalan layang Manahan satu arah diberlakukan selama empat jam. Yakni mulai pukul 21.00 WIB hingga 01.00 WIB dini hari.
 
Pada jam 21.00 WIB itu pula, sterilisasi Jalan Slamet Riyadi dari kendaraan bermotor mulai dilakukan. Pada pukul 01.00 WIB jalan sudah dapat digunakan seperti sedia kala.
 
Selain memberlakukan sistem satu arah di jalan layang Manahan, Pemkot Surakarta pun telah mempersiapkan puluhan kantong parkir saat Solo CFN. Seperti Jalan Yos Sudarso, Jalan Gatot Subroto, Jalan dr. Sutomo dan lain sebagainya.
 
"Jumlahnya sekitar 22 kantong parkir," imbuh Ari.
 
Adapun saat acara perayaan pergantian tahun, Pemkot Surakarta melarang adanya petasan maupun kembang api di Solo CFN. Namun Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Suwoto memastikan pergantian tahun di Solo CFN tetap meriah.
 
"Digantikan dengan bunyi sirine dan gong. Jadi tetap akan meriah," ujarnya.
 
Apalagi, lanjutnya, ada lima panggung hiburan yang disiapkan. Lokasi panggung tersebut yakni di depan Loji Gandrung, depan Plaza Sriwedari, Ngarsopuro, Bundaran Gladag dan Balaikota.
 
"Berbagai kesenian siap tersaji untuk menghibur pengunjung Car Free Night di Solo," ucap Suwoto.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi