Pawai para buruh digelar dalam rangka memperingati hari buruh digelar dikawasan Jalan Malioboro Yogyakarta, Rabu, 1 Mei 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka.
Pawai para buruh digelar dalam rangka memperingati hari buruh digelar dikawasan Jalan Malioboro Yogyakarta, Rabu, 1 Mei 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka. (Patricia Vicka)

Sebagian Jalan Malioboro Ditutup karena May Day

may day hari buruh
Patricia Vicka • 01 Mei 2019 13:27
Yogyakarta: Ratusan buruh melakukan pawai motor di sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta. Imbasnya Polresta Kota Yogyakarta menutup jalan Malioboro sebagian sejak sekitar pukul 09.00 WIB.
 
"Jalan ditutup dari mulai jalan masuk ke kawasan Malioboro di parkiran Abu Bakar Ali hingga depan Istana Kepresidenan Gedung Agung di titik nol km," kata Kapolsek Gondomanan, Kompol Nengah Lotama di Gedung Agung, Rabu, 1 Mei 2019.
 
Nengah menjelaskan, sisi jalan yang ditutup adalah sisi timur. Jalan ini ditutup untuk tempat lewat kendaraan para buruh. Sementara sisi barat tetap dibuka untuk dilewati kendaraan umum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jalan Malioboro tidak kami tutup seluruhnya. Karena inikan pusat wisata. Jadi sisi satunya dibuka untuk kendaran pengunjung," ungkap Nengah.
 
Menurut Nengah, ada sekitar 100 personel diterjunkan untuk menjaga aksi. Petugas tersebut terdiri dari personel Polsek Gondomanan, dibantu Polsek Wirobrajan, Kraton, Ngampilan, Brimob, Polda DIY dan TNI.
 
Nengah memastikan jika pihaknya tidak menyiapkan kendaraan huru hara arau kawat duri karena yakin aksi berjalan damai. Pihaknya memprediksi ada sekitar 150 masa yang ikut aksi ini.
 
Titik pusat aksi berada di kawasan titik nol kilometer. Pantauan Medcom.id para buruh yang berasal dari berbagai organisasi datang dalam tiga gelombang sekitar pukul 09.30 WIB.
 
Buruh tersebut terlihat ada yang melintasi Jalan Malioboro menggunakan sepeda motor. Adapula yang melakukan long march sambil membawa sejumlah spanduk berisi tuntutan. Kemacetan nampak di Jalan Abu Bakar Ali yang merupakan jalan menuju kawasan Malioboro.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif