Pompa Air Disiagakan Jelang Musim Hujan

Budi Arista Romadhoni 23 November 2018 12:44 WIB
musim hujan
Pompa Air Disiagakan Jelang Musim Hujan
Ilustrasi banjir, Medcom.id - M Rizal
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan pompa penyedot air untuk mengantisipasi banjir di musim hujan. Diprediksi, hujan deras akan terjadi di akhir tahun.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Dan Penataan Ruang (Pusdataru) Jateng, Lukito, mengatakan enam Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) bersiaga mengantisipasi banjir. Setiap balai memiliki 20 hingga 30 pompa yang dapat digunakan untuk memompa air secara maksimal.

"Kekuatan masing-masing pompanya memang cukup besar," kata Lukito di Semarang, Jumat, 23 November 2018.


Selain itu, pihaknya juga akan mengoperasikan semua pompa mobile yang ada di setiap Dinas Pekerjaan Umum  Kabupaten/Kota. 

"Pompa mobile itu disiagakan untuk mendukung pembuangan air banjir yang menggenangi jalan-jalan raya," ujarnya. 

Kemudian, Lukito mengungkapkan, perbaikan tanggul di akses jalan Pantura saat ini sebagian sudah selesai, dan dipastikan siap menghadapi musim hujan. 

"Kita intinya siap siaga menghadapi musim hujan," tegasnya.

Lebih lanjut lagi, untuk di wilayah Kota Semarang, yaitu Kaligawe, beberapa proyek-proyek pencegah banjir sudah digarap oleh lintas instansi dan pemerintah pusat.

"Pompa-poma akan dipasang, tanggul-tanggul sudah jadi, maka bisa berfungsi mengatasi rob," katanya.

Sementara di wilayah Pantura, tepatnya di Pekalongan, pihaknya terus mengebut perbaikan infrastruktur penahan banjir. "Di Pekalongan proyeknya sedang berproses. Targetnya sebelum awal tahun selesai," tandasnya. 



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id