Dua Pendaftar Calon Anggota DPD RI asal Jateng Dicoret

Budi Arista Romadhoni 27 April 2018 12:26 WIB
pemilupemilu serentak 2019
Dua Pendaftar Calon Anggota DPD RI asal Jateng Dicoret
Ilustrasi bilik pemilihan suara, Medcom.id - M Rizal
Semarang: Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah mencoret dua nama yang mendaftar sebagai calon anggota DPD RI. Sebab, kedua orang itu tidak bisa memenuhi syarat dukungan minimal 5.000 dukungan di 18 kabupaten/kota.

Sedangkan 27 pendaftar melaju ke tahapan selanjutnya. Mereka berasal dari latar belakang pekerjaan dan pendidikan. Mereka akan mengikuti seleksi sebagai calon anggota DPD RI dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 asal Jateng.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah Hakim Junaidi mangatakan pendaftaran dari calon perseorangan dimulai pada 22 April 2018. Lalu pendaftaran ditutup pada Kamis, 26 April 2018, pukul 24.00 WIB.


"Dari 29 pendaftar, tiga diantaranya merupakan petahana yakni Bambang Sadono, GKR Ayu Koes Indriyah, dan Denty Eka Widi Pratiwi dan dua kami coret," kata Hakim di Semarang, Jumat, 27 April 2018.
 
Hakim menegaskan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2017 dan jumlah daftar pemilih tetap pemilu terakhir di Jawa Tengah lebih dari 15 juta jiwa, maka calon anggota DPD RI dengan daerah pemilihan Jateng yang mendaftar harus menyertakan bukti dukungan berupa salinan KTP sekurang-kurangnya 5.000 dukungan yang tersebar di minimal 18 kabupaten/kota.

Kemudian KPU Jateng selanjutnya akan melakukan pengecekan administrasi selama sepuluh hari kedepan terhadap bukti dukungan para calon anggota DPD RI yang sudah mendaftar.

"Jika nanti dari hasil pengecekan administrasi itu ada data-data yang tidak sesuai, maka kami akan mengurangi jumlah dukungan dari calon yang bersangkutan," ujarnya.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id