Penerbangan Dari dan Menuju Bali di Bandara Adi Soemarmo Dibatalkan
Pesawat komersial saat parkir di apron Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah,. (ANT/Aloysius Jarot Nugroho)
Boyolali: Aktivitas Gunung Agung membuat Bandara I Gusti Ngurah Rai ditutup sementara. Sejumlah penerbangan pun dibatalkan.

Dampak aktivitas Gunung Agung juga dirasakan Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah. Seluruh penerbangan dari dan menuju Denpasar melalui Bandara Adi Soemarmo turut dibatalkan.

"Jadi semua penerbangan ke dan dari Bali terpaksa dibatalkan karena kondisi tidak memungkinkan," ungkap Pejabat Humas Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Danar Dewi, Jumat, 29 Juni 2018.


Hingga Jumat siang, 29 Juni 2018, lanjut Danar, tercatat ada empat penerbangan dari dan menuju Denpasar yang dibatalkan. Terdiri dari dua pesawat kedatangan dan dua pesawat keberangkatan.

"Untuk kedatangan ada JT (Lion Air) 561 dan XT (Air Asia) 8454. Serangkan untuk keberangkatan yang telah dibatalkan JT (Lion Air) 924 dan XT (Air Asia) 8455," tutur Danar.

Danar mengatakan, para penumpang langsung ditangani oleh maskapai terkait. "Biasanya dengan reschedule ulang," ujar dia.

Siapkan Area Parkir Pengalihan

Danar menuturkan, Bandara Adi Soemarmo juga menyiapkan area parkir (parking stand) situasional untuk mengantisipasi adanya pengalihan penerbangan.

"Sebagai antisipasi pengalihan, kita siapkan. Jika memang diperlukan sewaktu-waktu bisa digunakan," kata dia.

Berdasarkan akun resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gunung Agung mengeluarkan asap dan abu vulkanik. Aktivitas itu terjadi sejak Kamis, 28 Juni 2018 hingga Jumat, 29 Juni 2018 dini hari. 

Aktivitas tersebut menyebabkan hujan abu di bagian barat hingga barat daya. Sesuai data BMKG, abu vulkanik menutupi ruang udara koordinat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sehingga bandara harus ditutup demi keamanan.

Penutupan bandara direkomendasikan mulai Jumat, 29 Juni 2018 pukul 03.00 WITA hingga 19.00 WITA. Hingga saat ini tercatat puluhan penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dibatalkan.

Di Bandara I Gusti Ngurah Rai, hingga saat ini tercatat 48 penerbangan yang telah dibatalkan dengan rincian 38 penerbangan internasional dan 10 penerbangan domestik. Dengan total jumlah penumpang seluruhnya sebanyak 8.334 orang.

Baca: Hujan Abu Gunung Agung, Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id