Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Brebes Ditahan Kejaksaan
ilustrasi-medcom.id
Brebes: Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Tandi Api, ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penyimpangan bantuan alat berat kepada kelompok tani tambak di wilayahnya pada 2016.

"Hari ini kami menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka, dan sudah dititipkan di Lapas Kedungpane Kota Semarang," kata Kepala Kejaksaan Negeri Brebes, Transiswara Adhi, Jumat, 25 Mei 2018.

Ia menjelaskan, Tandi Api diduga mengkomersilkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Tandi pun diduga terlibat tindak pidana korupsi penyaluran dan pemanfaatan bantuan satu unit alat berat jenis excavator. Akibatnya egara mengalami kerugian  sekitar Rp1.267.409.000.


Tersangka disangkakan melanggar Pasal 2 Undang Undang No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.

“Setelah berkas selesai, tersangka akan diadili di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor),” ungkapnya.

Sebelum dibawa penyidik, kata dia, tersangka sempat menjalani pemeriksaan di Kantor Kejari Brebes. Tandi ditahan selama 20 hari ke depan, sembari menunggu proses persidangan. 

Baca:  Kadis Kelautan dan Perikanan Brebes Diperiksa Kejaksaan

Sebelumnya, Kejari Brebes tengah mendalami proses pemberian bantuan alat berat berupa ekskavator tahun 2016 yang diduga menyimpang. Bantuan yang ditujukan kepada salah satu kelompok tani tambak di Kecamatan Brebes tidak langsung diserahkan kepada penerima, tetapi disewakan kepada pihak lain dengan nilai puluhan juta rupiah.

Bahkan, saat disewakan alat berat sempat terperosok di salah satu tambak di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes. Di sisi lain, pihak kelompok tani tambak penerima bantuan, menolak bantuan karena saat akan diserahkan dalam kondisi rusak. Kasus bantuan alat berat itu kemudian dilaporkan ke Kejari Brebes.




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id