Sampah di pintu air Demangan, Solo, Jawa Tengah, Selasa, 15 Januari 2019. Medcom.id/ Pythag Kurniati.
Sampah di pintu air Demangan, Solo, Jawa Tengah, Selasa, 15 Januari 2019. Medcom.id/ Pythag Kurniati. (Pythag Kurniati)

Solo Punya Perda Lingkungan Sejak Delapan Tahun Lalu

sampah perda
Pythag Kurniati • 15 Januari 2019 15:26
Solo: Wakil Presiden Jusuf Kalla mendorong setiap kota/kabupaten memilki Peraturan Daerah (Perda) lingkungan. Perda yang mengatur kebersihan lingkungan tersebut sudah dimiliki oleh Pemkot Solo sejak beberapa tahun lalu.
 
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, peraturan yang dimaksud adalah Perda nomor 3 tahun 2010 tentang pengelolaan sampah. "Sudah delapan tahun kita punya perda itu, sejak zaman Pak Jokowi," katanya di Solo, Jawa Tengah, Selasa, 15 Januari 2019.
 
Hadi menjelaskan, pembuatan perda tersebut dilatarbelakangi keinginan pemerintah menjadikan Solo sebagai kota yang bersih dan sehat. Berbagai kebijakan pun dibuat pemkot demi menjaga lingkungan kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Termasuk saat ini Pemkot Solo menghilangkan seluruh tempat pembuangan sementara (TPS) yang sifatnya statis. Pemkot menggantinya dengan TPS mobile, yakni dengan menggunakan motor sampah.
 
"Keberadaan TPS membuat lingkungan kota terlihat tidak terawat. Dengan TPS mobile, sampah bisa langsung diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA)," ungkap Hadi.
 
Sementara itu, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Surakarta, Arif Darmawan, mengatakan, Perda nomor 3 tahun 2010 itu berisi beberapa larangan. "Intinya dilarang membuang sampah tidak pada tempatnya," kata Arif.
 
Larangan tersebut antara lain dilarang buang sampah di sungai, dilarang membakar sampah di pekarangan, dilarang buang sampah dari kendaraan, bahkan dilarang buang air kecil maupun besar sembarangan.
 
"Sanksinya sampai kurungan maksimal tiga bulan dan denda maksimal sampai Rp50 juta," tegas Arif.
 
Selain aturan tersebut, ada juga perda yang mengatur tentang kebersihan lingkungan, terutama untuk limbah-limbah pabrik. "Ada di Perda nomor 10 tahun 2015," beber Arif.
 
Diatur dalam perda tersebut hal-hal teknis terkait pengelolaan limbah sehingga tidak merusak lingkungan.

 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif