Pemkab Diminta Siapkan Kandang Komunal Jika Merapi Meletus

Pythag Kurniati 24 Mei 2018 12:55 WIB
gunung merapi
Pemkab Diminta Siapkan Kandang Komunal Jika Merapi Meletus
Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana. (Medcom.id/Pythag Kurniati)
Solo: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah meminta pemerintah kabupaten (pemkab) di sekitar Gunung Merapi menyiapkan titik evakuasi untuk mengantisipasi erupsi besar Merapi. Titik evakuasi yang disediakan bukan hanya untuk warga, tapi juga hewan ternak. 

Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana, mengatakan tiga pemkab di sekitar Merapi, yakni Klaten, Boyolali dan Magelang harus mengupayakan agar hewan ternak ikut dievakuasi. Sebab, hewan ternak merupakan hal yang penting bagi masyarakat pedesaan.

"Karena sapi adalah harta mereka untuk masa depan keluarga, sehingga kesiapan kandang komunal menjadi penting," kata Sarwa Pramana saat ditemui di Klaten, Kamis, 24 Mei 2018.


Baca: Gunung Merapi Kembali 'Batuk'

Dia khawatir jika hewan ternak tidak dievakuasi, warga akan nekat bolak-balik dari pengungsian ke rumah untuk mengecek kondisi hewan ternaknya. 

"Ini seperti saat erupsi tahun 2010 lalu," ujarnya.

Sarwa mengatakan bakal berbahaya jika warga bolak-balik ke rumahnya, dan tiba-tiba terjadi erupsi besar. "Padahal kita targetkan zero korban," ungkap Sarwa.

Baca: Gunung Merapi Menuju Erupsi Magmatik

Dia mengajak para pengusaha yang memiliki truk untuk ikut membantu evakuasi hewan ternak. Pasalnya, evakuasi warga dan hewan ternak bakal membutuhkan banyak kendaraan.

"Kalau dalam keadaan darurat, tentu kita prioritaskan evakuasi warga dahulu," katanya.

Sarwa juga meminta agar pemkab segera menentukan titik evakuasi yang berjarak paling aman. "Kalau bisa sekalian radius 10 km, paling aman," pungkasnya.



(LDS)