Ingat! Masuk Tol Solo-Ngawi tak Perlu Gunakan e-Toll

Pythag Kurniati 08 Juni 2018 15:17 WIB
Mudik Lebaran 2018
Ingat! Masuk Tol Solo-Ngawi tak Perlu Gunakan e-Toll
Sebuah kendaraan memasuki gerbang tol Solo-Ngawi, tol yang dibuka fungsional selama musim mudik Lebaran, Jumat 8 Juni 2018, Medcom.id - Pythag
Solo: Pemudik dapat melintasi jalur tol Solo-Ngawi yang dibuka pada Jumat, 8 Juni 2018, pukul 06.00 WIB. Namun, pengguna jalan mengaku masih bingung dengan tarif. Padahal, tarifnya gratis.

Riyan, 47, pemudik yang hendak ke Jawa Timur. Saat masuk gerbang tol di Ngemplak, Riyan menempelkan kartu pembayaran elektronik atau e-toll.

Riyan berada di depan mesin penempelan kartu selama kurang lebih lima menit. Dia beberapa kali menempelkan e-toll ke alat sensor.


"Ini mau bayar tol. Rupanya belum bertarif," kata Riyan, Jumat, 8 Juni 2018.

Tak berselang lama, petugas tol menjelaskan tol dari Salatiga hingga Ngawi masih beroperasi gratis selama masa angkutan Lebaran 2018.

"Ternyata masih banyak yang belum mengetahui kalau tolnya gratis," ungkap Manajer Pengendalian Operasi PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) Imam Zarkasih. 

Pada hari pertama, petugas aktif memberi pengumuman menggunakan pengeras suara pada kendaraan yang masuk bahwa tol beroperasi gratis. Tapi, pengelola akan segera memasang papan pengumuman di bagian pintu masuk tol agar tidak perlu ada kendaraan yang berhenti terlalu lama.


(Gerbang tol Solo-Ngawi dibuka selama masa mudik Lebaran, Medcom.id - Pythag)

Dalam kurun waktu lima jam, lanjut dia, setidaknya ada 300 unit kendaraan pemudik melintas di tol Solo-Ngawi. Jumlah tersebut diprediksi meningkat hingga pada puncak arus mudik yang diperkirakan jatuh pada H-3 Idulfitri.

Tol Ngawi-Solo beroperasi secara fungsional, artinya hanya dibuka selama masa mudik dan balik Lebaran Idulfitri. Jalur sepanjang 90,25 Kilometer itu beroperasi di dua arah selama 24 jam.

Di sepanjang jalur, pengelola menyediakan enam tempat istirahat atau rest area di sisi kanan dan kiri ruas to. Rest area berlokasi di Km 519 Masaran, Km 583 Sragen, dan Km 575 Ngawi.



(RRN)