Masyarakat Gunung Salem Swadaya Mitigasi Bencana
Warga dibantu TNI membuat membuat tanggul penahan tanah di lokasi rawan bencana longsor Pegunungan Salem, Brebes, Jawa Tengah. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Brebes: Masyarakat pegunungan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melaksanakan gugur gunung untuk mitigasi longsor jelang musim penghujan. Mereka swadaya untuk mitigasi bencana.

Puluhan penduduk Dusun Cikulur dan Cipaniis, Desa Bentarsari, Kecamatan Salem, membuat tanggul penahan tanah sepanjang 50 meter dengan tinggi dua meter di tebing yang rawan longsor menuju Cikulur.

Kepala Dusun Cikulur, Runta, menyebut pembangunan talud tersebut diharapkan dapat meminimalisir bahaya longsor. Tanah yang merekah membuat air yang masuk terakumulasi di bagian dasar lereng.


"Ini memicu bencana. Selain itu, tanggul penahan tanah ini  bertujuan mengawetkan jalan akibat beban pergeseran tebing," katanya, Senin, 26 November 2018.

Ia bersama Babinsa dan warga, berupaya melakukan mitigasi agar kejadian bencana longsor nasional awal 2018 lalu tidak terjadi di Cikulur. Dana yang digunakan untuk pembuatan talud ini berasal dari swadaya masyarakat setempat.

"Dalam melaksanakan kegiatan ini, kami dibantu anggota TNI dari Koramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes,” pungkasnya.

Babinsa Bentarsari Koramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes, Serda Wisrad, mengapresiasi warga Salem yang memiliki inisiatif mitigasi bencana dengan swadaya. Apalagi, wilayah pegunungan Salem masih rawan terjadi bencana longsor.

"Masyarakat harus waspada karena musim hujan mulai tiba. Segera berkoordinasi dengan aparat setempat jika ada indikasi akan terjadi longsor di wilayahnya," katanya.

Tanah longsor menerjang Desa Pasirpanjang pada 22 Februari 2018. Sebanyak 14 orang meninggal, empat hilang, empat terluka. Tanah longsor terjadi di hutan produksi milik Perhutani BKPH Salem Petak 26 RPH Babakan.

Selain memakan korban jiwa, longsor juga membuat jalur provinsi terputus. Jalan yang tertutup material longsong membuat jalur tersebut tidak bisa dilewati kendaraan.

 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id