ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id (Rhobi Shani)

Siswa SD di Jepara Keracunan Es Degan

keracunan makanan
Rhobi Shani • 08 Januari 2019 17:47
Jepara: Sejumlah siswa SD Negeri 1 Tahunan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, keracunan. Mereka keracunan setelah meminum es degan yang dibagikan secara gratis oleh orang tak dikenal. Saat ini lima anak masih dirawat di RSUD Kartini Jepara.
 
Salah satu guru, Candra Ardinata menyampaikan, peristiwa ini usai para siswa meminum es degan yang dijual di depan sekolah. Mulanya, ada orang yang tak dikenal turun dari mobil Fortuner berplat nomor B membeli semua es degan yang dijual itu. Kemudian, es tersebut dibagi-bagikan oleh penjual kepada siswa secara cuma-cuma.
 
"Siswa yang sudah terlanjur membayar uangnya juga dikembalikan. Saat memborong es degan, ada salah satu siswa yang melihat orang yang turun dari mobil itu memasukan serbuk putih kedalam kotak yang berisi es degan itu," terang Candra saat dikonfirmasi Medcom.id, Selasa, 8 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah es degan habis dibagi-bagikan, 30 menit kemudian sejumlah siswa muntah, mual, dan pusing. Lima siswa terpaksa dibawa ke RSUD Kartini. Mereka yaitu Nunetta, Rahma Aulia Nazilla, Adella Azzahra, Aida Alfina, dan Ellena Dwi Anggita. 
 
"Penjual es degan memang setiap hari berjualan di depan sekolah sampai siang. Terus yang memborong itu kami kami juga tidak tahu. Ada dua orang perempuan dan satu laki-laki," kata guru Olahraga itu.
 
Terpisah, Kasat Res Narkoba Polres Jepara, AKP Hendro Asrianto mengungkapkan, jika benar ada serbuk putih yang dicampurkan ke minuman, kecil kemungkinan serbuk itu sabu-sabu. Sebab, reaksi seseorang usai mengkonsumsi sabu-sabu bukan mual-mual dan muntah. Selain itu,  ketika sabu-sabu dilarutkan dengan air tidak akan berdampak.
 
"Serbuk putih yang katanya dicampurkan itu, bisa juga serbuk pencuci perut. Tapi yang jelas kami masih menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut," tandas Hendro.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi