Alat berat beroperasi di lokasi longsor Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Alat berat beroperasi di lokasi longsor Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Evakuasi Longsor Bantul Dihentikan karena Hujan

bencana longsor bencana banjir
Ahmad Mustaqim • 19 Maret 2019 21:53
Bantul: Evakuasi korban longsor di Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dihentikan sementara pada Selasa petang, 19 Maret 2019. Evakuasi terkendala hujan yang mengguyur di sekitaran Kecamatan Imogiri.
 
Petugas gabungan dalam evakuasi itu mulai meninggalkan lokasi terdampak longsor sekitar pukul 18.30 WIB. Penggantian lebih awal dilakukan lantaran semula direncanakan hingga pukul 20.00 WIB.
 
"Hingga saat ini dua korban yang tertimbun longsor belum kami temukan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto di dekat lokasi evakuasi pada Selasa petang, 19 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Evakuasi dihentikan karena risiko longsor susulan. Rencananya evakuasi akan dilanjutkan besok.
 
"Kta cari sampai dua korban itu ditemukan," kata dia.
 
Evakuasi besok akan fokus pada tempat yang diduga menjadi korban berlokasi. Dua korban yang masih hilang yakni Rufi Kusuma Putri, 9, dan Eko Supatmi, 45. Jika posisi korban sudah diketahui, penggunaan alat berat akan dihentikan.
 
"Tim evakuasi akan gunakan metode semprot air agar tak merusak jasad korban. Alat berat perlahan nanti akan kita kurangi," ujarnya.
 
Perpanjangan masa evakuasi akan melihat situasi di lapangan. Pencarian akan diperpanjang jika korban besok tidak ditemukan.
 
"Maksimal (memperpanjang) lima hari. Harapannya sebelum itu korban sudah bisa ditemukan," kata dia.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif