Puluhan wisatawan Gunungkidul saat tersengat ubur-ubur. Foto: SAR Gunungkidul
Puluhan wisatawan Gunungkidul saat tersengat ubur-ubur. Foto: SAR Gunungkidul (Ahmad Mustaqim)

Ratusan Wisatawan di Yogyakarta Jadi Korban Sengatan Ubur-ubur

lebaran idul fitri
Ahmad Mustaqim • 10 Juni 2019 13:26
Yogyakarta: Ratusan wisatawan di pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta jadi korban sengatan ubur-ubur. Catatan itu terekap selama libur Lebaran 3-9 Juni 2019. 
 
"Jumlahnya 421 yang disengat ubur-ubur selama libur lebaran. Petugas SAR sudah memberikan peringatan agar mewaspadai ubur-ubur," kata Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Surisdiyanto, saat dihubungi pada Senin, 10 Juni 2019. 
 
Surisdiyanto mengimbau agar para wisatawan lebih berhati-hati saat bermain di pantai. Apalagi pada bulan Juni-Juli masih ada potensi ubur-ubur di pinggir pantai yang membahayakan wisatawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Diperkirakan (ubur-ubur) akan kembali ke lautan pada bulan Agustus," kata dia.
 
Adapun rincian korban di Pantai Kukup terdapat 25 korban, Pantai Sepanjang (empat orang), dan Pantai Drini (enam orang). Sehari berselang, pantai Drini ada enam korban dan Pantai Krakal satu orang. Pada hari raya Idulfitri 5 Juni 2019 ada dua korban.
 
Korban semakin banyak pada libur Idulfitri. Pada 6 Juni 2019, Pantai Sepanjang ada 25 korban, Watu Kodok (empat orang), Pantai Krakal (17 orang), Pantai Drini (27 orang), Pantai Kukup (tujuh orang), Pantai Nguyahan (lima orang). Hari berikutnya, Pantai Indrayanti (empat orang), Pantai Drini (seorang), Pantai Sepanjang (sembilan orang), Pantai Watu Kodok (seorang), dan Pantai Kukup (23 orang). 
 
Korban ubur-ubur di pantai Gunungkidul makin banyak pada 8 Juni 2019. Pantai Sadranan (23 orang), Pantai Drini (12 orang), Pantai Sepanjang (25 orang), Pantai Kukup (29 orang), Pantai Ngandong (empat orang), Pantai Indrayanti (38 orang), Pantai Watu Kodok (dua orang), dan Pantai Krakal (tiga orang). 
 
Pada 9 Juni 2019, korban sengatan ubur-ubur tersebar di Pantai Pok Tunggal (tiga orang), Pantai Indrayanti (41 orang), Pantai Ngandong (17 orang), Pantai Sadranan (11 orang), Pantai Krakal (33 orang), dan Pantai Sepanjang (13 orang). 
 
Di kawasan pantai Kabupaten Bantul, korban sengatan ubur-ubur ada sebanyak 182. Catatan SAR Kabupaten Bantul, Pantai Parangtritis terdapat sebanyak 144 korban. Selain itu, Pantai Depok 31 orang dan Pantai Baru tujuh korban. 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif