Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. (Patricia Vicka)

Tingkat Partisipasi Pemilu di DIY Diprediksi Mencapai 82%

pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Patricia Vicka • 13 Mei 2019 10:29
Yogyakarta: Tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di atas 82 persen. Jumlah ini jauh melampaui target partisipasi pemilu nasional yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.
 
Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan berdasarkan hasil rekapiltulasi sementara, jumlah warga Yogyakarta yang mencoblos tahun ini meningkat dibanding Pemilu 2014.
 
"Perkiraan kami sampai di atas 82 persen. 2014 lalu kami mencapai 80,02 persen. Tertinggi kedua secara Nasional,"  ujar Hamdan di Yogyakarta, Senin 13 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia memperkirakan kenaikan terjadi karena dibarengi dengan pemilihan legislatif.  Selain itu adanya keinginan masyarakat memilih karena sosialisasi pemilu yang berhasil.
 
Hamdan menjelaskan antusiasme warga nampak beberapa hari sebelum pemilu berlangsung. Ia mencontohkan pojok pemilu yang membantu warga pendatang mengurus A5 selalu penuh dan terdapat antrean. Begitu pula saat hari pencoblosan, masih banyak warga yang mengantri dibatas akhir pencoblosan.
 
"Bahkan ada beberapa warga di banyak TPS protes karena tidak bisa memilih. Surat suaranya habis,"pungkasnya.
 
Hasil rapat pleno rekapitulasi setingkat Provinsi, pasangan calon nomor urut 01, Jokowi- Ma'ruf Amin menang di DIY. Jokowi-Ma'ruf meraih total 1.655.174 suara atau sekitar 69,03 persen dari total pemilih. Sedangkan Paslon nomor 02 Prabowo Subianto -Sandiaga Uno hanya mendapatkan 742.481 suara atau 30,97 persen.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif