Besok, KA Joglosemarkerto 'Meluncur' dari Solo

Pythag Kurniati 30 November 2018 17:13 WIB
kereta api
Besok, KA Joglosemarkerto 'Meluncur' dari Solo
Jumpa pers peluncuran KA Joglosemarkerto di Solo, Jumat, 30 November 2018, Medcom.id - Pythag
Solo: PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan kereta api relasi Yogyakarta–Solo– Semarang–Purwokerto. Kereta api dengan rute baru itu dinamakan KA Joglosemarkerto.

Executive Vice President PT. KAI Daop VI Eko Purwanto menjelaskan, peluncuran KA Joslosemarkerto akan dilaksanakan pada 1 Desember 2018 di Stasiun Solo Balapan.

Eko mengemukakan, KA ini merupakan perpanjangan dari rute KA Kamandaka. "Yang semula relasi Semarang Tawang – Purwokerto diteruskan menuju Yogyakarta – Solo – Semarang Tawang," ungkap Eko di Stasiun Solo Balapan, Jumat, 30 November 2018.


Selain itu, Joglosemarkerto sekaligus menjadi kepanjangan rute dari KA Joglokerto. "Yang semula dari Solo ke Purwokerto, kini diteruskan ke Semarang," ujar dia.

Rute KA Joglosemarkerto, lanjutnya, dilayani menggunakan kereta eksekutif berkapasitas 100 kursi. Serta tujuh kereta ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk.

Harga untuk kursi eksekutif dibanderol mulai Rp60 ribu sampai Rp225 ribu, bergantung pada jarak. "Sedangkan kereta ekonomi harganya dari Rp35 ribu sampai Rp130 ribu," katanya.

Namun selama dua pekan pertama pengoperasian, yakni 1 hingga 13 Desember 2018, KAI memberikan diskon sebesar 10 persen.

Eko berharap dibukanya relasi baru KA Joglosemarkerto sekaligus memperluas pilihan konektivitas masyarakat. Khususnya wilayah Jawa Tengah dan DIY. "Sehingga diharapkan pula berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan wisata di kawasan yang dilewati," ujar dia.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id