Pengunjung RSUI Kustati melihat pengumuman
Pengunjung RSUI Kustati melihat pengumuman (Pythag Kurniati)

Belum Terakreditasi, RSUI Kustati Solo Tak Terima Pasien BPJS

bpjs kesehatan
Pythag Kurniati • 03 Januari 2019 11:37
Solo: Rumah Sakit Umum Islam (RSUI) Kustati, Solo tidak melayani lagi pasien BPJS Kesehatan sejak Rabu, 2 Januari 2019. BPJS tidak bekerja sama lantaran RS belum mendapatkan akreditasi terbaru.
 
"Kita sudah mempersiapkan, karena tidak hanya berkas, sampai pelayanan dipersiapkan. Itu yang paling lama," kata Kabag Sumber Daya Manusia (SDM) RSUI Kustati, Pujianto.
 
Hal ini membuat sejumlah calon pasien yang datang ke RSUI Kustati kecewa karena harus berpindah ke RS lain. Mereka menilai pengumuman tersebut sangat mendadak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pujianto mengakui bahwa pengumuman tersebut memang mendadak, sebab pihaknya juga menerima pemberitahuan baru Selasa, 1 Januari 2019 pukul 15.00 WIB.
 
Pihak RS mengaku terlanjur menerima 13 pasien BPJS yang masih menginap hingga saat ini. "Untuk yang 13 pasien ini masih kita koordinasikan dengan BPJS," ujar dia.
 
Terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Solo, Agus Purwono, mengatakan aturan tersebut tertuang dalam SK Kemenkes no: HK.03.01/Menkes/768/2018. Selama akreditasi belum diperbarui, RS tidak dapat menerima pasien BPJS.
 
"Jadi dalam beberapa waktu ke depan belum bisa bekerja sama, sampai akreditasi diterbitkan," kata dia.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi