Pasar Malam Sekaten Yogyakarta Resmi Dimulai

Patricia Vicka 02 November 2018 20:52 WIB
yogyakarta
Pasar Malam Sekaten Yogyakarta Resmi Dimulai
Area Bermain di Pasar Malam Sekaten, DI Yogyakarta. Medcom.id/Patricia Vicka
Yogyakarta: Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) resmi dibuka Jumat sore, 2 Oktober 2018. Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan meraih pendapatan hingga Rp1 miliar selama acara berlangsung.

"Perayaan pasar malam sekaten tahun ini lebih meriah. Ada peningkatan jumlah stand jualan," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat acara pembukaan Pasar Malam Sekaten di Alun- alun Utara Keraton Yogyakarta, Jumat, 2 November 2018.

Sebanyak 512 stan disiapkan. Hanya tersisa 10 stan yang masih kosong.


Pasar Malam Sekaten tahun ini akan dilaksanakan selama 18 hari selama 2-19 November 2018.  Stand yang dibuka sebagian besar menjajakan pakaian dan kuliner.

Beragam jenis permainan disajikan untuk menghibur pengunjung. Di ataranya bianglala, kora-kora, komedi putar dan kereta-keretaan. Berbagai acara ditampilkan sepanjang pukul 17.00-22.00 WIB.

Pembukaan PMPS dihadiri Wakil Gubernur DI Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam X. Paku Alam X menjelaskan Sekaten sejatinya berasal dari kata Syahadatain atau dua kalimat syahadat yang merupakan strategi Wali Songo dalam menyebarkan Islam di tanah Jawa

Kini PMPS merupakan ajang interaksi warga yang di dalamnya menyelaraskan budaya, ekonomi dan religi. "Sekaten ini sudah menjadi even tahunan yang merupakan rangkaian dari peringatan Maulid Nabi Muhammad," terangnya.

Sekaten seharusnya mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan. Ia berharap Sekaten tetap menjaga budaya walaupun telah banyak berkembang untuk tetap mempertahankan kekhasan Yogyakarta.
 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id