Pantauan kondisi di Gunung Merapi, Senin 14 Januari 2019, Medcom.id - Mustaqim
Pantauan kondisi di Gunung Merapi, Senin 14 Januari 2019, Medcom.id - Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Guguran Lava Gunung Merapi Mengalir ke Kali Gendol

gunung merapi
Ahmad Mustaqim • 14 Januari 2019 11:15
Yogyakarta: Gunung Merapi mengalami enam kali guguran kubah lava pada Minggu malam, 13 Januari 2019. Guguran lava mengalir ke hulu Kali Gendol, Yogyakarta.
 
Dari keterangan di akun resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, guguran lava terjadi mulai pukul 19.50 hingga 21.21 WIB. Jarak luncur antara 200 hingga 600 meter dengan durasi selama 35 sampai dengan 86 detik.
 
"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang," demikian keterangan yang tertulis di akun BPPTGK di Twitter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui keterangan tertulis, Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida menyatakan Gunung Merapi mengalami perubahan morfologis dari pertumbuhan kubah lava. Dari pantauan lembaga tersebut, volume kubah lava Gunung Merapi sudah sekitar 439 ribu meter kubik. Pertumbuhan tiap harinya sekitar 3.400 meter kubik. 
 
Meski guguran kerap terjadi, Gunung Merapi masih pada status II atau waspada. Sementara, jarak aman untuk beraktivitas manusia masih pada 3 kilometer dari puncak. 
 
"Masyarakat di kawasan rawan bencana III diimbau tetap tenang dan beraktivitas normal dengan mengikuti perkembangan Gunung Merapi," kata Hanik.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi