Pos ronda di salah satu desa di Jepara, Jawa Tengah dibangun menggunakan dana desa, Rabu, 6 Maret 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Pos ronda di salah satu desa di Jepara, Jawa Tengah dibangun menggunakan dana desa, Rabu, 6 Maret 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani. (Rhobi Shani)

Dana Desa Dongkrak Infrastruktur di Jepara

dana desa
Rhobi Shani • 06 Maret 2019 16:37
Jepara: Sejak digelontorkan dana desa dari pemerintah pusat, pembangunan infrastruktur di desa meningkat. Pembangunan merata hingga tingkat pedukuhan. Aktivitas perekonomian warga menjadi lebih lancar.
 
Sekertaris Paguyuban Perangkat Desa (PPD) Kabupaten Jepara, M Sodiq menyampaikan, pembangunan infrastruktur di desa meningkat. Biaya pembangaunan infrastruktur tidak lagi mengandalkan swadaya masyarakat.
 
"Dulu kalau mau mengaspal jalan warga harus iuran, sekarang tidak lagi. Jadi dana desa sangat membantu masyarakat dalam membangun infrastruktur maupun program pemberdayaan masyarakat desa," kata Sodik saat dikonfirmasi, Rabu, 6 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sodik menjelaskan, pemerataan pembangunan infrastruktur tidak hanya terjadi di Desa Lebak, Kecamatan Pakisaji Kabupaten Jepara. Pemerataan pembangunan infrastruktur juga terjadi di semua desa di Kota Ukir.
 
"Pembangunan merata sampai dukuh," jelas Sodiq. 
 
Senada, Kepala Desa Jatisari Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara, M Nasir mengatakan, dana desa banyak dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur. Dari tahun 2014, sampai saat ini Desa Jatisari sudah menerima dana desa sebanyak Rp2,7 miliar.
 
"Adanya dana desa infrastruktur desa menjadi lebih baik. Tahun ini jalan yang diaspal sepanjang 1,5 kilo meter. Kemudian jalan yang dibeton sepanjang 2,3 kilo meter di 10 titik," ujar Nasir.
 
Tidak hanya untuk membangun jalan, Nasir menambahkan, dana desa juga digunakan untuk membangun pos ronda. Itu untuk menunjang kegiatan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan.
 
Seorang warga Desa Jatisari, Ahmad Mundakir mengungkapkan, sejak jalan desa diperbaiki, aktivitas perekonomian warga jadi meningkat. Arus lalulintas ekonomi warga menjadi lebih lancar. Sebab, jalan aspal yang berlubang kini sudah dibeton.
 
"Sebelum dibeton jalan aspal sering rusak. Kalau musim hujan jalan menjadi berlubang dan becek. Jadi dengan adanya dana desa ini sangat membantu ekonomi warga," tandas Mundakir.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif