Pati Bersiap Menghadapi Musim Hujan
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Pati: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mulai memeriksa peralatan dan logistik guna menghadapi musim hujan. Itu seperti menambal perahu karet yang bocor dan memperbaiki mesin pompa air dan gergaji pemotong kayu.

Kepala BPBD Kabupaten Pati, Sanusi Siswoyo menyampaikan, saat ini pihaknya masih fokus dalam menangani masalah kekeringan. Sebab, meski sudah turun hujan di sejumlah wilayah di Bumi Mina Tani, pihaknya masih melakukan pengiriman air bersih.

"Kami masih fokus kekeringan, tapi perlatan dan logistik sudah mulai kami cek. Seperti menambal perahu,” ujar Sanusi saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 26 Oktober 2018.


Baca: 112 Desa di Pati Masih Dilanda Kekeringan

Sanusi menguraikan, saat ini BPBD Pati memiliki enam perahu karet dan serat kaca (fiberglass). Perlengkapan lain yang dimiliki, yaitu pelampung sebanyak 71 buah, gergaji potong dan mesin pompa air sebanyak delapan buah.

"Untuk menangani banjir tentunya tidak hanya perlatan BPBD saja, tapi nanti ditambah dari yang lain," kata Sanusi.

Beberapa desa kerap jadi langganan banjir yaitu, Desa Kasihan, Penggingwangi, dan Banjarsari Kecamatan Sukolilo karena lokasi desa-desa tersebut berada di bantaran Sungai Juwana. Banjir kerap disebabkan limpasan air dari sungai. Selain itu, secara geografis desa-desa tersebut berada di wilayah cekungan.

"Desa kantong-kantong banjir di Sukolilo ada di bantaran Sungai Juwana. Warga yang ada di desa-desa itu tidak mungkin untuk dipindah ke tempat yang lebih aman, karena mereka bermukim sudah lama turun-temurun," pungkas Sanusi.

Baca: 59 Desa di Pati Rawan Banjir dan Longsor
 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id