141 Jembatan Timbang Menjadi <i>Rest Area</i>
Aktivitas truk di jembatan timbang. (MI/Achmad Sapuan)
Semarang: Sebanyak 141 jembatan timbang di seluruh Indonesia akan berubah fungsi menjadi rest area saat arus mudik Lebaran 1439 Hijriah. Alih fungsi akan dimulai H-7 sampai  H+7 Idulfitri.

Kepala Sub Direktorat Angkutan Barang Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Deni Kusdiana, Rabu, 2 Mei 2018, mengungkapkan, alih fungsi ini untuk menambah fasilitas tempat istirahat. Sebanyak 26 jembatan timbang ada di Pulau Jawa. 

Dia menjelaskan, pengoperasian angkutan barang saat arus mudik bakal berhenti. Penghentian untuk mengurangi beban jalan selama mudik dan memberikan kelonggaran mobil pribadi dapat melintas. 


"Mulai H-4 sampai H+1 Lebaran semua angkutan barang harus berhenti beroperasi kecuali yang angkutan sembako, masih diberi kompensasi untuk beroperasi dalam tenggat waktu tertentu," tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah memetakan rute jalur alternatif sepanjang ruas jalan Jakarta, Semarang sampai Surabaya. Ia berharap, jalur alternatif bisa digunakan para pemudik supaya titik kemacetan tidak bertumpu pada jalan tol.

"Kami akan meninjau semua prasarana dalam waktu dekat. Yang daerah rawan kecelakaan khususnya jalur yang curam dan terjal juga sudah berkoordinasi dengan Polri. Itu jadi kawasan antisipasi kecelakaan. Personel Polri akan ditempatkan di situ," ujarnya.




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id