Di Tegal, Pria Ikut KB Dapat Rp300 Ribu
(Foto: Medical News Today)
Tegal: Bagi pria dewasa yang ingin menjadi peserta Keluarga Berencana (KB) vasektomi akan mendapatkan kompensasi sebesar Rp300 ribu. Kompensasi itu merupakan program dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 

Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Kabupaten Tegal, Bahrun usai rapat pembahasan Perubahan APBD Kabupaten Tegal tahun 2018 dengan DP3AP2KB Kabupaten Tegal, Jumat, 14 September 2018. Dalam pembahasan itu, lanjut Bahrun, peserta vasektomi tidak dipungut biaya alias gratis. 

Bahkan, pemerintah memberikan kompensasi kepada peserta vasektomi. Kompensasi itu diberikan karena setelah melakukan KB vasektomi dengan cara operasi kecil itu, peserta harus beristirahat selama tiga hari. Tak hanya itu, kompensasi juga diberikan kepada pengantarnya dengan upah sebesar Rp100 ribu.


"Tiga hari setelah KB vasektomi tidak boleh beraktivitas, sehingga dinas (DP3AP2KB) memberikan kompensasi," kata politis PKS itu. 

Menurut dia, kesadaran masyarakat untuk KB di Kabupaten Tegal dinilai cukup tinggi. Dari 130 ribu pasangan usia subur, yang mengikuti KB sekitar 60 persen. Jumlah itu merupakan peserta KB mandiri yang dengan sadar mengikuti program KB. Hal itu dinilai sebuah keberhasilan bagi Kabupaten Tegal dalam menekan pertumbuhan penduduk. 

"Semoga jumlah peserta KB terus meningkat, sehingga pertumbuhan penduduk bisa ditekan," harapnya. 

Dia menambahkan, KB memiliki manfaat cukup besar, diantaranya menurunkan risiko terjadinya kanker rahim dan kanker servik, menurunkan angka kematian maternal dan penurunan Indek Pembangunan Masyarakat (IPM), menghindari kehamilan yang tidak diinginkan, dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak, mencegah penularan penyakit berbahaya, serta dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. 

"Jika anaknya hanya dua, maka pendidikan anak lebih terjamin dan juga ikut mendukung kualitas kehidupan keluarga," pungkasnya.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id