ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal. (Antara)

Polres Pekalongan Larang Masyarakat Takbir Keliling

idul fitri
Antara • 04 Juni 2019 13:32
Pekalongan: Kepolisian Resor Pekalongan bersama pemerintah daerah setempat melarang masyarakat melakukan takbiran keliling. Kegiatan tersebut dinilai akan mengganggu arus lalu lintas kendaraan dan mengancam keselamatan jiwa di jalan raya.
 
Kepala Polres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan mengatakan bahwa seyogyanya kegiatan takbir dilakukan sesuai tempat yaitu masjid dan musala bukan berkeliling di jalan raya.
 
"Oleh karena, kami akan menindak tegas bagi masyarakat yang melakukan takbir keliling tidak sesuai tempatnya karena bisa mengganggu pengendara lain," kata Wawan di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa, 4 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wawan menjelaskan saat ini volume kendaraan di jalan raya cukup padat sehingga kegiatan takbir keliling yang tidak sesuai tempatnya akan mengganggu kenyamanan masyarakat maupun pengguna jalan lain.
 
"Kami akan lakukan operasi dan penindakan tegas. Apabila ada masyarakat yang melanggar (takbir keliling) maka akan kami berikan surat bukti pelanggaran (tilang)," jelas Wawan.
 
Wawan mengatakan arus mudik Lebaran 2019 yang melintas di jalan pantai utara (pantura) maupun tol Batang-Pemalang masih normal sehingga polres belum perlu melakukan rekayasa lalu lintas.
 
Terpisah Bupati Pekalongan Asip Kholbihi berharap pada masyarakat agar melakukan takbir keliling di masjid maupun musala agar masyarakat merasa nyaman.
 
"Saya berpesan kepada masyarakat agar melakukan takbir pada tempatnya yaitu di masjid maupun musala. Kegiatan takbir keliling di jalan raya jelas akan menimbulkan kerawanan kemacetan dan keselamatan jiwa manusia," kata Asip.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif