Jalan rusak di Pekalongan, Jawa Tengah. (ANT/Harviyan Perdana Putra)
Jalan rusak di Pekalongan, Jawa Tengah. (ANT/Harviyan Perdana Putra) (Antara)

Ganjar Cek Jalan Rusak di Pekalongan

jalan rusak
Antara • 12 Juni 2019 17:43
Pekalongan: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memeriksa jalan rusak, di sepanjang jalur penghubung Kota Pekalongan dengan Kabupaten Pekalongan, pada Rabu, 12 Juni 2019. Ganjar mengecek kondisi Jalan KH Samanhudi di Kelurahan Karangjompo, Kecamatan Tirto, Kota Pekalongan.
 
Warga menghampiri Ganjar sambil mengeluhkan kerusakan jalan yang tidak segera ditangani. Seorang warga, juga mempersoalkan penanganan jalan rusak oleh pemerintah daerah yang dinilai asal. Yakni sekadar diuruk batu dan tanah. Selain itu, ada pula warga yang marah karena daerahnya selalu terkena banjir rob.
 
"Ini gimana Pak Gubernur, tanggung jawab pemerintah mana, jalan hanya diuruk batu. Saluran air penuh sampah, rob juga terus menggenangi pemukiman kami," kata seorang warga yang mengeluh ke Ganjar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menanggapi itu, Ganjar mengajak warga untuk bermusyawarah. Ganjar mengaku, warga di kawasan tersebut sering mengeluh jalan rusak dan area permukiman yang tergenang karena rob limpasan air Sungai Widuri Pacar.
 
"Sementara jalan diuruk dulu, karena untuk menangani jalan ini harus membuat talut sungai dan membendung air laut agar tidak masuk ke permukiman. Alhamdulillah, pemerintah kota dan kabupaten sudah bertemu, tinggal dimusyawarahkan. Warga dan instansi terkait mencari solusi terbaik. Mau relokasi, atau bagaimana," beber Ganjar di lokasi. 
 
Ganjar menambahkan, saluran air sudah dibuat. Namun, malah  menjadi tempat pembuangan sampah. Dia menjelaskan, penyebab rob salah satunya karena penurunan muka bumi. 
 
"Pembuatan tanggul mungkin tidak bisa menjadi solusi. Koordinasi atau musyawarah antara warga, lurah, camat, bupati dan wali kota untuk bisa menemukan solusi," tandasnya. 
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif