Kawasan Malioboro mulai dipadati wisatawan, Jumat, 21 Desember 2018. Medcom.id/ Patricia Vicka.
Kawasan Malioboro mulai dipadati wisatawan, Jumat, 21 Desember 2018. Medcom.id/ Patricia Vicka. (Patricia Vicka)

Pemda DIY Sediakan Kantong Parkir Khusus Selama Libur Nataru

natal dan tahun baru
Patricia Vicka • 21 Desember 2018 18:07
Yogyakarta: Kawasan Malioboro Yogyakarta mulai dipadati Wisatawan menjelang Natal dan Tahu Baru (Nataru). Pemda DIY menyiapkan beberapa kantong parkir di sekitar Malioboro untuk para wisatawan yang membawa kendaraan.
 
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Bowono X mengatakan, ada 35 lokasi parkir yang disiapkan di sekitar Malioboro. Sebelas di antaranya kantong parkir tambahan yang khusus dipakai selama liburan Nataru.
 
"Saya minta semua parkir di lokasi yang sudah disiapkan. Terutama bus. Jangan parkir di pinggir jalan," ujarnya di Kantor Kepatihan Yogyakarta, Jumat, 21 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Sekretaris Daerah Setda DIY, Gatot Saptadi menjelaskan, titik parkir di antaranya berada di lahan ex UPN di Jalan Ketandan, tempat parkir Abu Bakar Ali, Pasar beringharjo dan sirip-sirip gang di Jalan Malioboro.
 
"Kalau mobil dan motor bisa di Abu Bakar Ali, ex UPN dan selatan Pasar Beringharjo," jelas Gatot.
 
Pemda DIY melarang bus pariwisata untuk parkir di pinggir jalan. Tempat parkir khusus bus pariwisata sudah disiapkan di parkiran Ngabean dan parkiran Senopati.
 
"Bus dilarang parkir di jalan Malioboro, jalan Wonosari, Jalan Solo, jalan Magelang dan jalan penghubung antar provinsi dan antar kabupaten lainnya," tegas Gatot.
 
Pemda DIY sudah berkordinasi dengan kepolisian untuk menilang bus pariwisata yang nekat parkir sembarangan.
 
Selama libur Nataru 2018 diprediksi ada 1,655 juta kendaraan pribadi yang masuk ke wilayah DIY. Sebagian besar terdiri dari kendaraan roda dua.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif