Kepala Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Kepala Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Tiga Stasiun DIY Siap Dukung Operasi NYIA

kereta api infrastruktur bandara
Ahmad Mustaqim • 23 April 2019 13:37
Kulon Progo: PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan transportasi penunjang operasional bandara internasional Yogyakarta di Kulon Progo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) siap. Pelayanan akan disiapkan sesuai standar internasional.  
 
Kepala Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan pihaknya sudah menyiapkan ruang tunggu di tiga stasiun, yakni Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun Wojo (Purworejo, Jawa Tengah). Ruang tunggu di tiga stasiun ini dipastikan siap saat operasional perdana untuk perkembangan internasional NYIA yang diperkirakan akhir bulan ini.
 
"(Ruang tunggu) yang dipersiapkan sudah 99 persen siap. Kapasitasnya lebih dari 100 orang," ujarnya ditemui di Stasiun Sentolo Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa, 23 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ruang tunggu, kata dia, telah dibangun dalam kondisi bagus. Padahal, ruang tunggu itu sebelumnya berupa gudang barang bekas di Stasiun Wates.
 
PT KAI belum memutuskan tarif berapa tarif tiket kereta api ke bandara. Namun, pihaknya memastikan akan memberikan pelayanan sesuai dengan standar penerbangan internasional di bandara.
 
"Tarif (tiket) beda, layanannya juga kami berikan lebih yang lain. Intinya penumpang akan bisa mengakses kereta apapun yang berhenti di (Stasiun) Wojo," tuturnya.
 
Jadwal kereta api masih akan menyesuaikan jadwal penerbangan di bandara. Jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api disesuaikan dengan kondisi di bandara NYIA.
 
Jenis kereta api yang digunakan masih akan disesuaikan. Jumlah kereta api yang disiapkan akan menunggu keponakan PT KAI pusat.
 
"Kereta api yang dioperasikan itu andal. Tapi kami nyatakan menunggu kalau sudah fiks jadwalnya, kita siapkan keretanya. PT KAI Persero siap melayani masyarakat yang ingin menggunakan bandara (NYIA)," ungkapnya.
 
Transportasi kereta api menjadi elemen penting menunjang operasional bandara. Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta hingga Stasiun Wojo paling lama sekitar 45 menit. Sementara, transportasi dari stasiun ke bandara akan disediakan oleh DAMRI.
 
"Ke depan akan ada kereta api bandara. Ini masih dipikirkan kereta api yang layak," ungkapnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif