KA Bandara YIA. (Medcom.id/Patricia Vicka)
KA Bandara YIA. (Medcom.id/Patricia Vicka) (Patricia Vicka)

KA Bandara YIA Mulai Beroperasi

kereta bandara bandara
Patricia Vicka • 06 Mei 2019 19:37
Yogyakarta: Kereta api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) mulai dioperasikan perdana, pada Senin, 6 Mei 2019. Hari pertama meluncur, KA Bandara berangkat dari Stasiun Maguwoharjo, Sleman menuju Stasiun Wojo Purwerejo, Jawa Tengah.
 
Manager Humas KAI DAOP VI, Eko Budiyanto, menjelaskan KA Bandara berangkat dari stasiun Maguwoharjo pukul 10.30 WIB. Sementara dari Stasiun Tugu Yogyakarta berangkat pukul 10.52 WIB.
 
"Kita operasikan hari ini (kereta) karena menyesuaikan penerbangan komersial di bandara YIA. Hari ini kita dapat info Citilink mendarat di YIA,"ujar Eko di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin 6 Mei 2019.  
 
Eko menambahkan, rangkaian kereta yang dipakai menggunakan KA Solo Express. Sekali perjalanan, kereta menarik empat gerbong.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 "Kapasitas Kereta api 196 tempat duduk ditambah penumpang yang berdiri yang berjumlah 50 persen dari tempat duduk,"jelas Eko. 
 
Ia melanjutkan, KA Bandara berangkat dari peron satu. KAI juga sudah menyiapkan ruang tunggu khusus penumpang bandara. Ruang tunggu berkapasitas 120 orang. Selain itu KAI juga menyiapkan tempat untuk menyimpan koper atau barang bawaan penumpang.
 
"Kedepan kami akan kami lengkapi lagi sesuai tingkat keterkaitan dari penumpang,"jelasnya.
 
Baca: Penumpang Puji kenyamanan Bandara Internasional Yogyakarta
 
Ditahap awal, KA Bandara berjalan satu kali bolak balik dari Stasiun Maguwoharjo, Sleman menuju Stasiun Wojo. Penumpang kemudian melanjutkan perjalanan ke bandara YIA dengan menggunakan bus Dämri.
 
"Waktu tempuh  dari Maguwo ke Wojo sekitar 45 menit. Kalau dari Stasiun Tugu ke Wojo, sekitar 30 menit,"pungkasnya.
 
Penumpang perdana, I Gusti Agung Premananda, 23, mengaku puas dengan fasilitas kereta Bandara. Ia tak menyangka dirinya menjadi penumpang pertama yang menjajal KA Bandara. 
 
"Saya rencana mau terbang ke Halim Perdanakusuma dengan Citilink. Bagus keretanya. Nyaman dan mewah,"kata Prema.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif