Landasan bandara NYIA yang sebagian telah teraspal. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Landasan bandara NYIA yang sebagian telah teraspal. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Penerbangan Internasional di NYIA Beroperasi Akhir Tahun

bandara yogyakarta
Ahmad Mustaqim • 17 Februari 2019 19:45
Yogyakarta: Penerbangan internasional dari bandara Adisutjipto Yogyakarta akan dipindah ke bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulon Progo pada April 2019. Secara bertahap, seluruh penerbangan internasional akan fokus di NYIA. 
 
General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan penerbangan internasional perdana di NYIA akan dilakukan maskapai AirAsia dan SilkAir dengan rute Singapura serta Kuala Lumpur, Malaysia. Untuk penerbangan internasional ini disiapkan terminal 12.920 meter persegi dari total keseluruhan terminal 221 ribu meter persegi. 
 
"Untuk sementara memindahkan penerbangan baru itu. Mungkin bulan Oktober akan keseluruhan," kata Agus di Yogyakarta, Minggu, 17 Februari 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus menyebut ada sejumlah maskapai internasional yang telah berkomunikasi hingga melakukan penjajakan untuk pendaratan di NYIA. Maskapai dari timur tengah, Emirates menjadi salah satu maspakai yang kemungkinan ikut mengembil slot di NYIA. 
 
Ada pula sejumlah maspakai dari Jepang dan Korea yang sudah bertemu dengan jajaran direksi PT Angkasa Pura. Termasuk, masakapai penerbangan dari Australia. 
 
"Tiga pekan lalu kami sudah bertemu dengan Kemenhubnya Australia. Yogyakarta kemungkinan akan jadi tujuan utama (wisatawan dari Australia)," ujarnya. 
 
(Baca: Kemenhub Segera Verifikasi Bandara NYIA)
 
Dalam pertemuan itu, lanjut Agus, pihak Australia menilai wisatawan sudah terlalu banyak menuju ke Bali. Menurutnya, Yogyakarta bisa menjadi tujuan utama yang berpotensi mengikuti Bali. 
 
"Katanya Yogyakarta bisa jadi destinasi utamanya temen-temeb di Australia. Misalnya, (penerbangan) dari Brisbane langsung ke Jogja," ungkapnya. 
 
Ia mengatakan progres pembangunan tengah berupaya menyelesaikan landasan bandara dengan panjang 3.250 meter dan lebar 45 meter. Pembangunan landasan akan jadi salah satu yang diutamakan untuk penerbangan perdana rute internasional. 
 
"Ke depan optimumnya (penerbangan internasional) akan ada 300 flight per hari. Pergantian season, Oktober kami kita bisa dimanfaatkan nanti. Maskapai penerbangan bisa memanfaaatkan slot di NYIA dari Adisutjipto," tuturnya. 
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi