Sejumlah warga antusias membeli sembako di Persekutuan Doa Garda, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat, 21 Desember 2018. Medcom.id/ Pythag Kurniati.
Sejumlah warga antusias membeli sembako di Persekutuan Doa Garda, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat, 21 Desember 2018. Medcom.id/ Pythag Kurniati. (Pythag Kurniati)

Kemendag Gelar Pasar Murah di 125 Gereja

harga sembako natal dan tahun baru
Pythag Kurniati • 21 Desember 2018 10:31
Solo: Kementerian Perdagangan (Kemendag) memfasilitasi digelarnya pasar murah menjelang Natal di sejumlah gereja dan komunitas persekutuan doa di Indonesia.
 
"Totalnya ada 125 titik gereja dan komunitas persekutuan doa yang tersebar di nusantara," kata Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antarlembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana, Jumat, 20 Desember 2018.
 
Sementara di Solo dan sekitarnya, pasar murah digelar kurang lebih di 30 titik gereja. Tersebar di beberapa tempat mulai dari Solo, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eva menjelaskan, pasar murah ini merupakan wujud sinergi antara pemerintah, pelaku usaha serta tokoh agama. Melalui dana CSR, pelaku usaha menyokong penyelenggaraan pasar murah jelang hari besar keagamaan.
 
"Sementara Kementerian Perdagangan, kami menjembatani antara pelaku usaha dan masyarakat serta tokoh agama," ungkap Eva.
 
Pada setiap titik gereja tempat pasar murah digelar, ada 500 paket sembako yang disiapkan. Sembako berisi beras 2,5 kilogram, dua kilogram gula pasir, dua liter minyak goreng, terigu dan mentega senilai Rp100 ribu.
 
Kemudian, paket sembako tersebut dijual separuh harga kepada masyarakat. Mereka hanya perlu membayar Rp50 ribu. "Hasil penjualannya pun akan kita serahkan untuk gereja," beber Eva.
 
Selain pasar murah, Kementerian Perdagangan juga mengaku aktif melakukan pemantauan harga jelang Natal dan tahun baru 2019. Pemantauan dilakukan di sejumlah pasar tradisional serta ritel-ritel modern.
 
"Ini dilakukan untuk menjamin ketersediaan stok serta kestabilan harga. Sehingga masyarakat bisa merayakan Natal dengan bahagia," pungkas Eva.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif