Buang Sampah di Bengawan Solo Terancam Denda Rp50 Juta

Pythag Kurniati 05 Desember 2018 18:19 WIB
Larangan Sampah Plastik
Buang Sampah di Bengawan Solo Terancam Denda Rp50 Juta
Sampah yang dibuang di talud Kali Pepe Gandekan, pintu air Demangan, Solo, Medcom.id - Pythag
Solo: Sembilan orang tertangkap karena membuang sampah di Bengawan Solo dalam beberapa pekan terakhir. Mereka diancam dengan hukuman penjara tiga bulan dan atau denda sebesar Rp50 juta.

Ancaman itu merupakan hukuman maksimal yang tertuang dalam Perda Momor 3 tahun 2010 tentang larangan membuang sampah tidak pada tempatnya.

Sembilan orang tersebut dipergoki oleh anggota Satpol PP Solo saat melemparkan sampah ke Bengawan Solo dan anak sungainya. Mereka ditangkap dalam waktu dan tempat yang berbeda-beda.

"Petugas kami mengenakan pakaian preman dan pakai hidden camera, semua ada buktinya," kata Kabid Penegakan Perda Satpol PP Solo, Arif Darmawan, Rabu, 5 Desember 2018.

Selama delapan tahun sejak perda diberlakukan, Satpol PP hanya melakukan tindakan persuasif. Namun kali ini, Satpol PP akan melakukan tindakan tegas dengan membawanya ke meja hijau.

Hukuman paling rendah ialah penjara satu bulan dengan masa percobaan satu tahun. "Artinya tidak langsung dipenjara. Tapi kalau dalam waktu satu tahun melakukan hal yang sama akan dipenjara sebulan plus tindakannya yang baru," ujarnya.

Tindakan tegas ini, kata Arif, dilakukan agar memiliki efek jera. "Jadi ini bukan hanya untuk menakut-nakuti. Ini kota kita, mari kita jaga bareng," pungkasnya.

Seperti diketahui, Perda Nomor 3 muncul pada tahun 2010. Perda ini muncul sebagai tindakan serius pemerintah untuk menjaga lingkungan.


(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id