Salah satu sudut ruang tunggu di Bandara YIA. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Salah satu sudut ruang tunggu di Bandara YIA. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Lion Group Lirik Rute Penerbangan Bandara Kulon Progo-Madinah

penerbangan
Ahmad Mustaqim • 29 April 2019 19:34
Kulon Progo: Maskapai di bawah naungan Lion Grup menjajaki peluang penerbangan dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kecamatan Kulon Progo ke Madinah. Walaupun, bandara di Kecamatan Temon ini belum jelas jadwal operasional penuhnya.
 
Area Manager DIY-Jawa Tengah Lion Air Group Widi Wiyanti mengatakan penerbangan internasional yang dilakukan selama ini ada di Bandara Adisumarmo, Solo. Penerbangan ini tujuan Madinah dengan pesawat jenis Airbus.
 
"Ini tahun kedua kami melayani penerbangan dari Solo ke Madinah. Tidak menutup kemungkinan pasar berkata di sini (bandara YIA) dibutuhkan. Animo masyarakat umrah (dari bandara Adisumarmo) di dua musim cukup berhasil," kata Widi di Bandara Internasional Yogyakarta, Senin, 29 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, jajaran Lion Grup yang membawahi maskapai Batik Air, Lion Air, dan Wings Air akan fokus berkoordinasi soal penerbangan di NYIA untuk rute domestik. Koordinasi ini menindaklanjuti soal pengajuan penerbangan yang Lion Grup ajukan ke PT Angkasa Pura.
 
"Lion juga berharap bandara bisa menumbuhkan potensi ekonomi, bukan hanya berpusat di kota tapi juga merata di DIY dan Jateng," ujarnya.
 
Widi juga mengatakan jajarannya tengah menganalisis pasar dan kapasitas angkut di bandara tersebut. Selain itu juga dilakukan seleksi rute di mana saja yang potensial.
 
"Rute ini kita sesuaikan dengan permintaan pasar. Di Yogyakarta, kami kira menyesuaikan tren traveling milenial," ujarnya.
 
Ia menambahkan, kemungkinan penerbangan rute internasional akan menyusul usai kepastian penerbangan domestik. Ia menyebut, masakapai satu grup Lion, Malindo, dari Malaysia tujuan Yogyakarta bisa saja ikut melirik peluang.
 
Bandara YIA diklaim sudah mengantongi Sertifikat Bandar Udara dari Dirjen Perhubungan Udara. Sertifikat dengan nomor 149/SBU-DJU/IV/2019 ini keluar tertanggal 26 April 2019 untuk masa lima tahun ke depan. Pihak PT Angkasa Pura menyatakan, pengerjaan proyek bandara YIA secara keseluruhan sudah 53 persen.
 

 
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif