Pantai Gunungkidul Akan <i>Disulap</i> Seperti Bali
Akses jalan menuju wilayah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Senin, 19 November 2018. Medcom.id-Ahmad Mustaqim.
Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menata kawasan pantai selatan agar menyerupai wisata pantai di Bali. Konsep tersebut dipercaya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan, penataan akan dilakukan dari kawasan Pantai Baron ke wilayah barat. Penataan itu akan dikembangkan dengan konsep eksklusif. 

"Ibaratnya nanti seperti Kuta dan Nusa Dua di Bali. Kita telah siapkan nanti seperti apa," kata Asti saat dihubungi, Senin, 19 November 2018. 


Asti menjelaskan, salah satu dasar pengembangan tersebut yakni keberadaan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Dengan adanya fasilitas tersebut, wisatawan asing akan menjadi lebih mudah untuk menuju pantai selatan. 

Menurut Asti, penataan pantai juga akan diusahakan tak menggusur aktivitas perdagangan warga setempat. Langkah itu diambil untuk mengakomodasi gak warga setempat. 

"Akan ditata biar lebih baik dan rapi. Secara tampilan biar lebih bersih, jadi wisatawan juga bisa nyaman saat berwisata," ungkap Asti.

Asti juga mengatakan, penataan pantai juga akan disertai dengan pembuatan sebuah ikon berbentuk patung. Namun, belum ada rincian jelas patung apa yang nantinya dibuat.

Ia berharap, keberadaan Bandara NYIA bisa mendongkrak wisata di Gunungkidul. Ia pun berharap pembangunan jalur jalan lingkar selatan (JJLS) di wilayah setempat segera selesai. 

"Saat ini pembangunannya (JJLS) sedang sampai wilayah Bantul. Adanya JJLS akan bisa memotong jarak tempuh dari Kulon Progo ke Gunungkidul. Dari panjang (jalan) 72 kilometer, sudah terbangun 58 kilometer jalannya," pungkas Asti. 



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id