Arah Pembangunan DIY Diharapkan Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Patricia Vicka 04 Januari 2018 16:59 WIB
pembangunanyogyakarta
Arah Pembangunan DIY Diharapkan Mampu Ciptakan Lapangan Kerja
Ilustrasi -- ANT/Hendra Nurdiyansyah
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta didesak lebih fokus pada upaya menekan kesenjangan sosial pada 2018. Pembangunan harus lebih diarahkan untuk menciptakan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan saat ini angka gini ratio (kesenjangan sosial) 0.44. Angka ini hanya naik 0,01 dari triwulan I pada 2017, yaitu 0,43.

"Kesenjangan pendapatan dan kesejahteraan yang terjadi di DIY membutuhkan perhatian bersama. Langkah dan program kebijakan pemerintah perlu didorong untuk mempercepat dan mengurangi angka kemiskinan," kata Eko di Yogyakarta, Rabu, 3 Januari 2018.


Menurut Eko, DIY sudah mendapatkan tambahan alokasi anggaran lewat dana keistimewaan. Total jumlah anggaran danais dalam lima tahun terakhir mencapai Rp2.6 triliun.

Politikus muda dari PDI Perjuangan ini mendesak pemda menjalankan program kegiatan yang fokus kesejahteraan rakyat serta menambah penghasilan masyarakat. Misalnya dengan memprioritaskan program, kegiatan, dan anggaran untuk pemberdayaan petani, jasa perdagangan, pelaku UMKM, serta usaha jasa pariwisata.

Pendidikan dan pelatihan untuk memicu lahirnya wirausaha juga perlu ditingkatkan. "Sektor swasta, terutama yang padat karya, harus didorong untuk tumbuh agar bisa membuka lapangan kerja baru," papar Eko.

Pada sektor pariwisata, Eko menyarankan pemerintah lebih memperbaiki tata kelola dan mengintegrasikan banyak pihak, seperti insan pariwisata dan pengusaha. Sehingga, promosi bisa lebih luas dan tepat sasaran.

"Soal tata ruang hingga masalah parkir juga perlu dibenahi. Jika perlu, ada sosialisasi dan edukasi ke pelaku wisata agar selalu ramah terhadap wisatawan," katanya.

Adanya perbaikan pelayanan dan fasilitas diharapkan dapat meningkatkan masa tinggal dan waktu kunjungan wisata di Yogyakarta. Imbasnya diharapkan bisa lebih banyak mendatangkan pundi-pundi uang ke masyarakat dan pemerintah setempat.



(NIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id