Ilustrasi (MI/Sumaryanto)
Ilustrasi (MI/Sumaryanto) (Patricia Vicka)

Seluruh SPBU di Jalur Wisata Yogyakarta Beroperasi 24 Jam

Mudik Lebaran 2019
Patricia Vicka • 25 Mei 2019 16:47
Yogyakarta: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada di jalur wisata akan beroperasi selama 24 jam selama pekan mudik Lebaran 2019. Perpanjangan jam operasional dilakukan untuk melayani kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) masyarakat.
 
"SPBU yang buka 24 jam ada di wilayah Bantul, Kulonprogo dan Gunung Kidul. Sebagian besar ada di sepanjang pantai selatan," ujar General Manager Marketing Operation Region IV Jateng & DIY, Iin Febrian di Yogyakarta, Jumat, 25 Mei 2019 malam.
 
Febrian menjelaskan pihaknya membuka SPBU selama 24 jam karena Yogyakarta menjadi wilayah perlintasan para pemudik dari barat dan timur pulau Jawa. Selain itu Yogyakarta selalu menjadi lokasi favorit para pelancong yang hendak berwisata usai lebaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Biasanya Yogyakarta diserbu wisatawan H+2 dan H+3 setelah lebaran. Paling banyak wisata ke pantai-pantai di selatan," jelas Iin.
 
Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan BBM, Pertamina turut menyiapkan tiga mobile storage. Mobil akan diparkir di sekitar SPBU di dekat lokasi wisata.
 
"Kami letakkan di Kabupaten Bantul, Gunung Kidul dan Kulonprogo. Letaknya di tempat yang trafic tinggi yang agak sulit ditembus saat macet," ungkap Iin.
 
Mobil tangki disiagakan untuk mempercepat dan memperpendek jarak tempuh pengisian BBM. Satu mobile storage berkapasitas 24 kilo liter (KL) BBM. Begitu stok BBM di SPBU habis, mobil tangki langsung bergerak ke SPBU untuk mengisi BBM.
 
"Kami menghimbau bagi masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat dan untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan," pungkas Iin.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif