Ilustrasi garasi bus antarkota antarprovinsi di Jepara, Jawa Tengah, Jumat, 31 Mei 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Ilustrasi garasi bus antarkota antarprovinsi di Jepara, Jawa Tengah, Jumat, 31 Mei 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani. (Rhobi Shani)

Bus AKDP Dilarang Sembarangan Menaikkan Tarif

Mudik Lebaran 2019
Rhobi Shani • 31 Mei 2019 14:06
Jepara: Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengingatkan operator bus ekonomi Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) tidak menaikkan tarif tiket secara signifikan mendekati lebaran. Mereka diimbau agar menaati skema tarif atas dan bawah yang telah ditetapkan Pemprov Jateng.
 
Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Jepara, Setyo Adhi mengatakan pihaknya akan memonitor tarif angkutan jelang lebaran.
 
"Tarif lebaran yang mengacu pada batas atas dan batas bawah diterapkan untuk kelas ekonomi Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP)," kata Adhi saat dikonfirmasi, Jumat, 31 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adhi menjelaskan jika pihaknya menemukan bus AKDP kelas ekonomi tak mengacu mekanisme tarif atas dan bawah akan diberi sanksi. Sementara untuk kelas eksekutif antarkota antarprovinsi (AKAP), Setyo mengaku tidak ada pengawasan khusus terkait tarif.
 
"Kalau bis eksekutif mengutamakan pelayanan, tarifnya diserahkan pada pasar," ungkap Adhi.
 
Untuk tarif batas atas dan batas bawah AKDP kelas ekonomi, mekanismenya disesuaikan dengan Peraturan Gubernur Nomor 2 Tahun 2016. Batas atasnya Rp160 per penumpang per kilometer. Sedangkan tarif bawahnya Rp98 penumpang per kilometer. Tarif tersebut belum termasuk iuran jasa raharja.
 
Terpisah, staf Perusahaan Otobus (PO) Bejeu mengaku, tarif bus untuk kelas eksekutif, jurusan Jakarta masih berada di kisaran harga Rp300 ribu. Sedangkan mendekati lebaran harganya bisa mencapai Rp500 ribu. 
 
"Menjelang lebaran tiketnya mencapai lima ratus ribu rupiah, kami mengikuti PO lain yang sudah lama," pungkasnya.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif