Pengamanan Dermaga ke Nusakambangan Diperketat

Antara 10 Mei 2018 13:44 WIB
kerusuhan penjara
Pengamanan Dermaga ke Nusakambangan Diperketat
Sejumlah anggota Brimob bersenjata laras panjang mulai berjaga-jaga di sekitar Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) yang merupakan pintu masuk menuju ke Pulau Nusakambangan,
Cilacap: Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah, yang merupakan tempat penyeberangan khusus menuju lembaga pemasyarakatan (lapas) di Pulau Nusakambangan dijaga ketat polisi dan TNI. Penjagaan dilakukan menjelang kedatangan 155 napi kasus terorisme yang dipindah dari Rutan Mako Brimob, Depok.

Pantauan di Dermaga Wijayapura, puluhan personel gabungan yang terdiri atas Brimob Polda Jateng, Polres Cilacap, dan Kodim 0703/Cilacap tampak berjaga di sekitar tempat penyeberangan khusus menuju Pulau Nusakambangan itu.

Selain itu, sebuah kendaraan taktis (rantis) milik Brimob telah disiagakan di depan pintu gerbang Dermaga Wijayapura. Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengatakan pihaknya melakukan pengamanan menjelang pemindahan napi dari Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, ke Pulau Nusambangan.


"Kami hanya sebatas membantu melakukan pengamanan," katanya didampingi Kasubbag Humas Polres Cilacap AKP Bintoro Wasono.

Dia mengatakan pengamanan yang melibatkan sekitar 600 personel gabungan itu dilakukan di sepanjang jalan utama dari perbatasan Kabupaten Banyumas hingga masuk kota Cilacap, sekitar Dermaga Wijayapura, dan Pulau Nusakambangan.

Polri memindahkan 155 narapidana teroris ke Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis, setelah terjadi penyerangan oleh napi teroris kepada anggota Brimob di Rumah Tahanan Mako Brimob Depok.

Kepala Biro Penerangan Polri Brigjen Muhammad Iqbal mengatakan pemindahan 155 napi teroris itu ke Lapas Nusakambangan dilakukan setelah para napi teroris menyerah dan digeledah untuk memastikan tidak ada senjata.

Mabes Polri, kata dia, juga berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk memindahkan 155 napi teroris itu dengan pengawalan ketat.

"Mungkin siang hari ini sudah tiba di Nusakambangan," katanya.



(ALB)