Mahasiswa Rantau Diimbau Gunakan Hak Pilih
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Yogyakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau mahasiswa mengurus dokumen untuk menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019. Salah satu syaratnya sudah memiliki KTP elektronik.

Imbauan KPU tersebut mendasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Jumlah mahasiswa dari luar daerah cukup besar mengingat ada lebih dari 100 perguruan tinggi di Yogyakarta.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan, syarat menggunakan hak pilih bagi warga luar daerah yakni mengurus formulir A5. "Mahasiswa rantau yang kuliah di Yogyakarta bisa memakai hak pilih dengan mengurus kepindahan memakai formulir A5," kata Hamdan di Yogyakarta, Senin, 10 September 2018.


Hamdan mengaku, lembaganya sudah melakukan pengecekan acak soal kepemilikan KTP elektronik bagi mahasiswa luar Yogyakarta. Dari 100 sampel, menurut dia, seluruhnya telah memiliki KTP elektronik.

"Semua mahasiswa yang kami cek acak sudah ber-KTP elektronik. Artinya mereka sudah memenuhi syarat menggunakan hak pilihnya di Yogyakarta," kata dia.

Ia menuturkan, pendaftaran formulir A5 sudah dibuka sejak 21 Agustus 2018. Ia mengatakan, baru sekitar 4.000 mahasiswa di Yogyakarta yang menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 2014 lalu.

Ia mengatakan, KPU tak menarget berapa jumlah mahasiswa yang bakal menggunakan hak pilihnya di daerah rantau. "KPU sifatnya hanya melayani," ujarnya.

KPU DIY telah menetapkan daftar pemilih sementara sebanyak 2.695.805. Warga yang belum terdaftar di DPT bisa menunjukkan KTP elektronik di TPS.

 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id