OJK Tegal Gelar Festival Keuangan 2018
Festival Keuangan tahun 2018 di alun-alun Kota Tegal, Jawa Tengah, 27-28 Oktober 2018. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi).
Tegal: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kota Tegal, Jawa Tengah, menggelar festival keuangan, di alun alun Kota Tegal, Jawa Tengah, Sabtu-Minggu, 27-28 Oktober 2018. Acara digelar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, percepatan penanggulangan kemiskinan, pengurangan kesenjangan antar individu dan antar daerah, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Festival keuangan ini dilaksanakan dalam rangka implementasi dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2016 Tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif," kata kepala OJK Tegal, Ludy Arlianto, di alun alun Kota Tegal, Jawa Tengah, Minggu, 28 Oktober 2018.

Tema Festival keuangan secara nasional tahun 2018 adalah Sinergi mendorong percepatan akses keuangan. Tema ini menyiratkan makna bahwa percepatan akses keuangan atau biasa dikenal dengan inklusi keuangan hanya dapat terlaksana apabila seluruh pihak terkait, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, industri jasa keuangan dan masyarakat dapat saling mendukung dan bekerja sama dalam pelaksanaan program-program inklusi keuangan.


Festival Keuangan Kota Tegal tahun ini diikuti 23 perwakilan industri jasa keuangan yang terdiri dari 11 Bank Konvensional, 2 Bank Syariah, 2 Perusahaan Asuransi, 2 Perusahaan Pegadaian, 2 Perusahaan Sekuritas, 2 LKM, 1 Perusahaan Pembiayaan, dan 1 Industri Jasa Keuangan Lainnya.

Selain industri jasa keuangan, sebagai bagian dari usaha untuk mendorong pertumbuhan UMKM, Festival keuangan ini juga diikuti 7 UMKM binaan dari Pemerintah Kota Tegal dan 1 UMKM dari Pangkalan TNI Angkatan Laut.

"Saya berharap kegiatan Festival Keuangan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan produk keuangan. Sekaligus memperluas akses masyarakat terhadap layanan keuangan," ungkap Ludy.

Festival keuangan Kota Tegal tahun 2018 resmi dibuka oleh Wali Kota Tegal, Nursholeh, Sabtu kemarin, 27 Oktober 2018.  Selain pameran, kegiatan juga diisi berbagai lomba seperti lomba tari kreasi dan mewarnai.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id