Situasi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman, Senin, 15 April 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka.
Situasi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman, Senin, 15 April 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka. (Patricia Vicka)

Disdukcapil Sleman Buka Perekaman KTP-el di Hari Pemilu

pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Patricia Vicka • 15 April 2019 17:26
Yogyakarta: Pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman tetap beroperasi saat pemilu berlangsung, 17 April 2019. Kepala Disdukcapil Sleman Jazim Sumirat mengatakan, pihaknya memberi kesempatan warga melakukan perekaman Kartu Tanda Pengenal elektronik (KPT-el) dan mendapat surat keterangan (suket).
 
Jazim menjelaskan saat pemilu berlangsung, kantor Dukcapil beroperasi sejak pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.
 
"Kami tetap buka saat 17 April 2019. Kami stand by kan petugas secara bergantian," kata Jazim kepada Medcom.id di Yogyakarta, Senin, 15 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jazim menjelaskan, warga yang hendak melakan perekaman KTP-el dapat dilayani pada saat pemilu berlangsung. Saat ini ia memperkirakan sudah lebih dari 95 persen warga Sleman melakukan perekaman KTP-El.
 
Data dari Dukcapil pada akhir Maret 2019 mencatat hanya sekitar 3.032 warga Sleman yang belum melakukan perekama KTP-el.
 
Jazim menjelaskan warga yang belum merekam KTP-el disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya pindah rumah, tengah berada di luar kota dan data ganda.
 
Disdukcapil Sleman juga mengklaim sudah melakukan jemput bola demi meningkatkan perekaman KTP-el. Hal ini dilakukan agar warga bisa memberikan suaranya pada pesta demokrasi mendatang. Sejumlah petugas juga sudah dikirim ke fasilitas umum seperti sekolah, kantor desa dan kantor untuk melakukan perekaman.
 
"Kami jemput bola sudah dari awal tahun 2019. Kami dekati masyarakat dan lakukan perekaman dengan mobil keliling," pungkas Jazim.
 
Selain itu pihaknya juga sudah menerbitkan KTP el bagi warga Sleman yang genap berumur 17 tahun pada 17 April 2019. Dukcapil juga telah mengirimkan surat undangan pengambilan KTP-El kepada para pemilih pemula. Ia mengimbau kepada seluruh warga yang belum merekam KTP-el atau mengambil KTP-el untuk segera mendatangi kantor Dukcapil.
 
Pantauan Medcom.id pada Senin, 15 April 2019, kantor Dukcapil Kabupaten Sleman dipenuhi warga. Antrian sudah nampak dari teras masuk ke ruangan pelayanan. Kursi tunggu penuh oleh warga yang hendak mengambil KTP el dan mengurus adminustrasi kependudukan. Parkiranpun penuh dengan kendaraan warga.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif