Pantura Barat Aman Meski Dilewati Sesar Patahan
Ilustrasi gempa. Medcom.id/M Rizal
Brebes: Wilayah pantau utara (pantura) bagian barat Jawa relatif aman meski wilayahnya dilalui sesar patahan. Namun, masyarakat Brebes dan sekitarnya diimbau tetap waspada potensi gempa berskala kecil.

"Potensi gempa itu kemungkinan akan melanda wilayah Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang dan Wilayah Pantura Barat lainnya meski belum dapat diprediksi," kata Prakirawan BMKG Tegal Hendy Andriyanto saat dihubungi, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Pantura, khususnya Jawa Tengah, berpotensi gempa dari sesar lokal Muria, Pati. Perpanjangan sesar Baribis-Kendheng yang memanjang dari Subang, Jawa Barat, melewati Brebes, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Semarang, Demak, Purwodadi, hingga ke Surabaya, Jawa Timur, didominasi oleh struktur sesar naik.


Data historis tidak mencatat gempa berdampak signifikan akibat sesar lokal di Jawa Tengah. Masyarakat diminta tetap tenang dan waspada karena gempa tidak bisa diprediksi.

Wilayah pesisir pantura seperti eks-Karesidenan Pekalongan juga masih relatif aman dari potensi tsunami. Gempa-gempa yang terjadi merupakan gempa kedalaman lebih dari 100 kilometer. Ini disebabkan tunjaman lempeng Indo-Australia sudah jauh ke bawah di wilayah utara Jawa.

"Maka dari itu, berdasarkan peta potensi tsunami yang dikeluarkan oleh BMKG, untuk wilayah utara Jawa Tengah relatif aman dari potensi tsunami," tegasnya.

Kepala BPBD Brebes Eko Andalas mengatakan, catatan sejarah kegempaan di Kabupaten Brebes pernah diguncang gempa pada 21 Oktober 931 yang mengakibatkan kerusakan beberapa bangunan.

Selanjutnya, gempa pernah mengguncang Bantar Kawung pada 16 Juni 1971 yang mengakibatkan satu orang meninggal, enam orang luka-luka serta 1.377 bangunan dan rumah penduduk rusak. Getaran gempa dirasakan sampai Buaran, Bumiayu, Bantar Kawung.

Gempa diduga berpusat di antara Sesar Bumi Ayu dan Bantar Kawung mengguncang wilayah Brebes pada 13 Juli 2013. Catatan BMKG gempa berkekuatan 4,7 Skala Richter (SR) terjadi di kedalaman 10 kilometer dengan lokasi 40 kilometer barat baya Kota Brebes atau 29 kilometer tenggara Kota Kuningan, Jawa Barat.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id