Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat menjadi pembicara untuk pelatihan pekerja Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA), Sabtu, 19 Januari 2019. Foto: Humas Kemenko Perekonomian.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat menjadi pembicara untuk pelatihan pekerja Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA), Sabtu, 19 Januari 2019. Foto: Humas Kemenko Perekonomian. (Patricia Vicka)

Bandara NYIA Diyakini Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Jateng

pertumbuhan ekonomi bandara
Patricia Vicka • 20 Januari 2019 08:40
Yogyakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yakin Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Darmin mengatakan, dengan adanya bandara tersebut, mobilisasi masyarakat bisa lebih terdukung.
 
“Pembangunan Bandara NYIA akan menjadi pendorong kegiatan ekonomi di Kulon Progo dan Jawa Tengah," kata Darmin di lokasi pembangunan Bandara NYIA, Temon, Kulon Progo, DIY, Sabtu malam, 19 Januari 2019.
 
Darmin menjelaskan, percepatan pertumbuhan ekonomi tersebut akan dimulai dengan penyerapan tenaga kerja yang masif dan peningkatan kesejahteraan. Untuk itu pemerintah sedang mempersiapkan calon tenaga kerja berkualitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah sedang mengembangkan pilot project revitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK) di sekitar Bandara NYIA. Di sini, pemerintah memberikan sejumlah pelatihan usaha dan skill yang berhubungan dengan kebutuhan bandara kepada masyarakat secara cuma-cuma.
 
"Adanya BLK diharapkan mampu mempermudah proses alih profesi masyarakat yang sebelumnya menjadi petani dan petambak menjadi tenaga kerja yang high skill oriented agar dapat meningkat kesejahteraan mereka secara ekonomi," beber Darmin.
 
Sementara itu Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo menegaskan, revitalisasi BLK Kulon Progo ini diharapkan mampu mengarahkan kualitas SDM di kawasan Kabupaten Kulon Progo agar siap mengisi lapangan kerja untuk operasional Bandara NYIA.
 
"Kebutuhan tenaga kerja di NYIA saat beroperasional sekitar 15.000 tenaga kerja. Maka kita harus up skilling dan re-skilling warga sedari sekarang," pungkas Hasto.
 
NYIA ditarget mulai beroperasi sebagian pada April 2019. Sementara bandara bisa dioperasionalkan seluruhnya pada Januari 2020.  Panjang landasan NYIA mencapai 3.250 meter. Runway ini akan mampu melayani hingga jenis pesawat komersil terbesar di dunia sekalipun, seperti Airbus A-380 ataupun Boeing 747 dan 777. 
 
Sementara itu kapasitas penumpang mencapai 14 juta orang pertahun. Hal ini membuat NYIA menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif