Rumah nelayan di Kedung Malang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2016. Medcom.id/Rhobi Shani
Rumah nelayan di Kedung Malang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2016. Medcom.id/Rhobi Shani (Rhobi Shani)

Rumah Nelayan PUPR di Jepara Mulai Dihuni

nelayan perumahan
Rhobi Shani • 22 Januari 2019 11:52
Jepara: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat selesai membangun 90 unit rumah instan, sehat, sederhana (Risha) bagi nelayan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pembangunan dimulai 2016 dan selesai dalam satu tahun. Baru lima rumah yang sudah ditempati.
 
Kepala Bidang Kawasan Permukiman pada Dinas Permukiman dan Perumahan Kabupaten Jepara, Anisa Salmah menyampaikan, sebanyak 40 rumah sudah siap dihuni. Jumlah tersebut merupakan rumah yang dibangun pada tahap pertama di 2016.
 
"Sudah kami sosialisasikan dan sudah ada yang menghuni," ujar Anisa, Selasa, 22 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam proses pembangunannya, pemerintah kabupaten hanya terlibat dalam penyedia calon penghuni dan diminta untuk mengelola perumahan tersebut. Proses hibah dilakukan Kementerian PUPR ke pemerintah kabupaten. setelah bangunan jadi.
 
“Jadi kami tidak tahu berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membangun itu,” terang Anisa.
 
Baca: 30 Rumah Sederhana untuk Nelayan Dibangun di Jepara
 

Pembangunan rumah Risha bagi nelayan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Rencananya, sebanyak 200 rumah dibangun di Desa Kedung Malang Kecamatan Kedung.
 
Risha merupakan rumah tipe 36. Setiap rumah nilainya Rp115 juta. Rumah yang diperuntukan nelayan miskin ini diklaim tahan gempa.
 
Sekretaris Desa Kedung Malang, Vera Widia menyebut rumah sederhana untuk nelayan itu memiliki dua kamar tidur, satu ruang tamu, dan satu kamar mandi dan dapur. Setiap rumah sudah dipasang instalasi listrik dan air.
 
"Harga sewanya sebulan Rp130 ribu. Semula Rp190 ribu, tapi warga keberatan kemudian diturunkan," ungkap Vera.
 
Vera mengaku sulit mencari warga yang mau menempati rumah tersebut di tahap pertama. Setelah selesai dibangun pada akhir 2017, kuota 40 warga untuk tahap pertama baru terpenuhi pada akhir 2018.
 
“Itu saja yang sudah banyar baru 38 orang. Kalau tahap pertama ini sudah ditempati semua nanti dilanjutkan yang tahap kedua untuk 50 rumah. Jadi total ada 90 rumah ,” pungkas Vera.
 
Rumah Nelayan PUPR di Jepara Mulai Dihuni
Sekretaris Desa Kedung Malang, Kabupaten Jepara, Vera Widia. Medcom.id/Rhobi Shani
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif