Atap rumah warga rusak diterjang angin puting beliung Foto: BPBD DIY
Atap rumah warga rusak diterjang angin puting beliung Foto: BPBD DIY (Patricia Vicka)

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Sleman

puting beliung
Patricia Vicka • 06 Maret 2019 07:16
Yogyakarta: Sebanyak 33 rumah warga di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) rusak diterjang angin puting beliung sekitar pukul 16.30, Selasa, 5 Maret 2019. Lokasi yang terdampak cukup parah berada di Dusun Totogan RT 05 dan RT 06, RW 05, Madurejo, Kecamatan Prambanan.
 
"Sebagian besar kerusakan terjadi pada genting dan asbes rumah warga. Rusak karena tersapu angin puting beliung," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana melalui keterangan pers di Yogyakarta, Selasa, 5 Maret 2019.
 
Genting rumah warga tersapu angin dan menyebabkan atap rumah bolong-bolong. Sejumlah bangunan rusak tertimpa pohon tumbang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa jam sebelum peristiwa terjadi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika DIY mengeluarkan peringatan dini hujan lebat yang berpotensi menimbulkan angin kencang. Awan hitam yang menggulung kemudian tampak di atas kecamatan Prambanan pada sore hari.
 
Awan hitam tersebut berubah menjadi angin yang memutar dan memanjang ke tanah yang biasa disebut dengan angin puting beliung.
 
Rumah Ngadiran, warga RT05 RW05, rusak paling parah karena genting rumahnya copot. "Pagar di halaman rusak tertimpa pohon jati berdiameter 30 sentimeter. Pohon disingkirkan besok (Rabu, 6 Maret 2019-red)," jelas Biwara.
 
Angin puting beliung turut menyebabkan dua pohon tumbang dan kabel listrik di rumah beberapa warga putus. Pohon tumbang tersebut menutupi jalan perkampungan warga.
 
Selain rumah warga, sebuah pabrik tepung beras di Kalitirto, Berbah, Sleman, rusak karena angin kencang. Atap dan asbes pabrik diterbangkan angin.
 
Tim reaksi cepat (TRC) BPBD diterjunkan ke lokasi bencana bersama sukarelawan. Mereka dibantu Babinsa untuk bergotong royong membersihkan genting, tanaman dan asbes bangunan yang rusak.
 
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif